Usung Thema ‘Ho Do Na Hupillit’, Bupati Samosir Buka Gelaran Festival Gondang Naposo

Bupati Samosir secara resmi membuka Festival Gondang Naposo sebagai rangkaian pertama dari Calender Event Horas Samosir Fiesta 2022. Berlangsung, Sabtu (16/4/2022), di Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan.

topmetro.news – Bupati Samosir secara resmi membuka Festival Gondang Naposo sebagai rangkaian pertama dari Calender Event Horas Samosir Fiesta 2022. Berlangsung, Sabtu (16/4/2022), di Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan arus kunjungan wisatawan tidak lepas dari 3A. Yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Atraksi. Seni pertunjukan adalah salah satu atraksi yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang melakukan perjalan ke Samosir. Karena atraksi akan menyajikan ‘What To See, What To Do’, sehingga ‘Length to Stay’ wisatawan di Samosir akan bertambah.

Salah satu langkah Pemkab Samosir untuk menarik wisatawan adalah menggelar berbagai even. Setelah dua tahun lamanya masa Pandemi Covid-19, Festival Gondang Naposo merupakan even pertama yang terlaksana tahun ini dengan mengangkat thema ‘Ho Do Na Hupillit’. Ini adalah salah satu rangkaian Calender Event Kabupaten Samosir Tahun 2022, yaitu Horas Samosir Fiesta (HSF). Di mana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaunchingnya pada tanggal 22 Maret lalu.

“Festival Gondang Naposo adalah salah satu yang paling unik. Karena even ini adalah ajang mencari jodoh melalui Tari Tortor (Take Me Out Batak Version) yang sudah kita kenal dalam Budaya Batak sejak jaman dahulu,” ucap Bupati Samosir.

Lebih lanjut disampaikan, Tradisi Gondang Naposo dibuka para tetua sebelum dilaksanakan. Dan even ini juga menyajikan perpaduan Tortor dari ‘suhut’ (tuan rumah) dan ‘panatti’ (tamu yang datang). Selain itu, muda-mudi melakukan kegiatan ini untuk saling menyapa, mengenal. Sekaligus mencari jodoh.

Tujuan Festival

Festival ini bertujuan untuk pelestarian seni dan Budaya Batak yang dikemas menjadi ‘tourism attraction’ (daya tarik wisata). Juga, meningkatkan perekonomian masyarakat lokal melalui efek multiplier dari pelaksanaan even. Sekaligus mempromosikan keunggulan pariwisata Samosir.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetty Naibaho dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta adalah 16 tim berasal dari dalam dan luar Kabupaten Samosir. Yakni dari Tapanuli Utara, Humbahas, dan Medan.

Festival Gondang Naposo akan berlangsung selama dua hari, 16 s/d 17 April. Acara berisi Perlombaan Tortor dari para naposo (muda-mudi), hiburan rakyat. Kemudian ada ‘stand up paddle’ di Danau Toba oleh SUP TOBA. Serta, vaksinasi, pemutaran Film ‘Anak Danau The Series’ oleh Rumah Karya Indonesia, dan ‘lucky draw’.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment