Gawat!!! Petugas Damkar Simalungun 3 Bulan tak Gajian

damkar simalungun

TOPMETRO.NEWS – Kalau selama ini 730 orang guru honorer di Simalungun tidak pernah digaji, kali ini giliran puluhan petugas pemadam kebakaran (damkar) dibawahi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun mengalami nasib sial serupa. Mereka mengakui belum menerima gaji hingga tiga bulan lamanya. Duh!

”Ya, sudah 3 bulan ini kami tidak digaji, makan anginlah,” ujar sumber TOPMETRO.NEWS di BPBD  Simalungun.

Namun saat dikonfirmasi, Bendahara BPBD Simalungun, Juliater Damanik berusaha menjawab diplomatis. Dia mengaku gaji mereka bukan tidak dibayar tapi hanya terlambat sebentar.

“Bulan ini kita bayarkan selama 2 bulan. Kan soalnya keterlambatan hanya sebentar, dan itu dikarenakan belum adanya Surat Pertanggung Jawaban (SPJ),” kata Juliater Damanik, Minggu (11/6) sebagaimana dilaporkan hetanews.

Kata dia, gaji para petugas Damkar itu ditampung dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bukan dari Dana Alokasi Umum (DAU). Namun karena PAD nya belum mencukupi, menurut Juliater wajar terlambat.

Menurut Julianter, banyaknya jumlah tenaga honor di Simalungun juga mempengaruhi keterlambatan. Namun ini lebih parah lagi tahun lalu, sampai 6 bulan terlambat, tetapi tetap realisasi.

“Besok akan kita kordinasikan kepada atasaan. Kalau SPJ sudah mencukupi, kita bayarkan. Memang siapa yang melaporkan,” imbuhnya seraya minta jatidiri narasumber yang membeberkan persoalan ini diungkap. (editor3 – het)

Related posts

Leave a Comment