Ssst… Ini 4 Manfaat Silaturahmi Lebaran bagi Kesehatan dan Mental

Manfaat silaturahmi lebaran

TOPMETRO.NEWS – Manfaat silaturahmi lebaran, tak banyak yang tahu. kumpul-kumpul bersama keluarga, kolega, atau sahabat tercinta menjadi penting. Ini salah satu momen yang dinantikan saat perayaan Lebaran.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Setelah sempat 2 tahun, dua kali perayaan Lebaran sepi dengan momen silaturahmi keluarga karena aturan pengetatan aktivitas masyarakat. Tahun ini, saat silaturahmi keluarga terutama sanak keluarga di kampung halaman sangat dinantikan.

Terlepas sebagai tradisi perayaan Lebaran, bersilaturahmi ke sanak keluarga, tetangga, atau pun para sahabat tercinta baik secara langsung atau virtual di kala perayaan Idul Fitri memiliki sederet manfaat.

Seperti disampaikan psikolog klinis Meity Arianty, berikut ulasan singkat empat manfaat bersilaturahmi saat momen Lebaran.

Jadi asupan semangat

Meity menyebutkan, masyarakat Indonesia punya karakter sebagai masyarakat yang ramah dan suka bersosialisasi. Pasca hampir tiga tahun ada pembatasan, Idul Fitri tahun ini, dengan bisa kembali bersilaturahmi dan kumpul-kumpul, bisa menjadi asupan semangat bagi banyak orang.

Lebaran kali ini rasanya paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita dan tentu akan sangat berkesan,” ujar Meity, saat dihubungi melalui pesan, baru-baru ini.

Dengan mudik, kita bisa berkumpul lagi dengan sanak keluarga. Artinya, silaturahmi ini berfungsi sebagai momen berkumpul kembali dengan keluarga, orang-orang terkasih dan teman-teman yang mungkin secara keseharian sangat jarang bertemu karena sibuk.

Menambah imun tubuh

Lebaran tahun ini disebut Meity sebagai anugrah luar biasa dari Tuhan di tengah situasi pandemi. Ia menilai, dengan bisa mudik dan bersilaturahmi, bermanfaat sekali untuk menambah imunitas tubuh dari banyak orang karena perasaan bahagia.

“Lebaran kali ini juga dapat menambah imun, karena secara psikologis kita bahagia, dengan masa libur lebaran yang cukup panjang dan bisa kembali bertemu keluarga di kampung halaman dengan situasi virus corona juga sudah melandai,” tambah Meity.

Menjalin kembali hubungan yang sempat renggang

“Dengan Lebaran kali ini, silaturahmi yang sempat terputus sementara dapat terjalin kembali,” tambah Meity. Silaturahmi menjadi ajang saling memaafkan, yang tahun ini terasa lebih berkesan karena dapat bertemu langsung dan terasa lebih dekat dibanding sebelumnya yang hanya bisa bersilaturahmi secara virtual lewat layar gawai.

BACA SELENGKAPNYA | Provsu Siapkan Langkah Kendalikan Laju Inflasi

Seperti diberitakan Topmetro.news sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya menjaga agar angka inflasi tetap terkendali menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini. Untuk itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan tiga langkah.

sumber\foto | okezone\Timesofindia
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment