Syah Afandin Tepung Tawari 141 CJH Langkat

Syah Afandin Lakukan Tepung Tawar 141 CJH Langkat

Topmetro.news – Beberapa tahun tertunda akibat pandemi covid-19, Allhamdulilah keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Langkat ke Tanah Suci Mekah Al Mukaromah tahun 2022 ini sudah diizinkan kembali.

Terkait keberangjatan CJH Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H.Syah Afandin SH melakukan tepung tawar kepada CHJ asal Negeri Bertuah Kabupaten Langkat. Di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Senin (23/5/2022) dengan diiringi lantunan do’a dan sholawat.

Tepung tawar tradisi kearifan lokal Bumi Melayu sebagai ungkapan rasa syukur serta untaian do’a, berharap agar para CJH dapat berangkat. Dan kembali dengan keadaan sehat dan selamat, serta mampu melaksanakan setiap rukun haji dengan khusuk, hingga menjadi Haji Mabrur.

Tepung tawar diawali lantunan Talbiyah oleh Kabag Kesra Setdakab Langkat Syarizal SSos MSi dan dilanjutkan dengan penyerahan cendramata berupa kain sarung dan pulut kuning oleh Syah Afandin diberikan kepada CJH tertua pria atas nama Sabran Bin M Saleh (65) asal Kecamatan Brandan Barat, CHJ tertua wanita atas nama Jamilah Binti M Saleh (65) asal Kecamatan Brandan Barat. Kemudian CJH termuda pria Muhammad Naufal Auzan Bin Dharma Wiryanto (20). Asal Kecamatan Stabat serta CHJ termuda wanita Mariana Binti Supiono (28) asal Kecamatan Brandan Barat.

Pesan Afandin

Plt Bupati Langkat pada arahannya menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji yang sempat tertunda dua tahun akibat covid-19.

Ia menegaskan Pemkab Langkat bersama Kemenag akan memberikan fasilitas untuk CJH sesuai ketentuan dan kewenangan. “Fasilitas itu diharapkan memberikan kemudahan dan kemandirian pada proses perjalanan haji,” ujar Ondiem panggilan akrab Syah Afandin.

Afandin pun memberikan tiga pesan dan harapan kepada CJH.

Pertama, untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar ibadah haji dilakukan sempurna.

Kedua, agar menyerahkan seluruh urusan kepada Allah SWT dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Ketiga, setelah berdoa untuk diri dan keluarga, dimohonkan juga berdoa untuk Indonesia khususnya Langkat agar senantiasa dalam barokah Allah SWT.

“Kami disini akan terus mendo’akan untuk kesehatan dan kebaikan CJH, baik saat menunaikan haji dan pulang. Semoga menjadi haji yang mabrur,” ujar Afandin.

Sementara itu, Kepala Staf Haji Kemenag Langkat, H.Ainul Aswad MA pada laporannya menyampaikan Pemkab Langkat memberikan fasilitas pada pelaksanaan manasik haji gabungan, berupa konsumsi dan snack selama kegiatan, maupun pada keberangkatan nanti.

“Pemkab Langkat juga memberikan cendramata sarung untuk seluruh jama’ah dan petugas haji,” ujarnya.

Tahun ini, sambung Ainul Aswad, sebanyak 141 orang CHJ terdiri dari 3 Karom (Ketua Rombongan). 13 Karu (Ketua Regu) dan 1 TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) Provinsi, ditambah 5 orang petugas haji lainnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Langkat dr.H.Indra Salahudin MKes MM, Dandim 0203/LKT Letkol Inf Joko Wisnu Saputro, Kasubbag Watpers SDM Polres Langkat AKP Alihot Lubis, Kajari Langkat M Abeto Harahap SH MH, Ketua Pengadilan Agama Stabat Ferbrizal Lubis SAg, Unsur Forkopimda Langkat dan para pejabat jajaran Pemkab Langkat serta undangan lainnya.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment