Bupati Taput Meresmikan Jalan Simatupang Togatorop di Desa Simatupang Kecamatan Muara

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Parsaoran Hutagalung bersama Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Josua Napitupulu meresmikan Jalan Simatupang Togatorop di Desa Simatupang Kecamatan Muara, Rabu (25/5/2022).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Parsaoran Hutagalung bersama Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Josua Napitupulu meresmikan Jalan Simatupang Togatorop di Desa Simatupang Kecamatan Muara, Rabu (25/5/2022).

Turut Hadir Ketua Umum Raja Simatupang Togatorop JS Simatupang.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan arahan dan Bimbingan Bupati Tapanuli Utara.

“Bupati Tapanuli Utara sangat merespon kegiatan yang diarahkan dalam rangka pencapaian visi misi pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019 sampai dengan 2024. Ada tiga hal hal rencana pembangunan kita sampai tahun 2024. Yaitu bagaimana Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan, menjadi lumbung sumber daya yang berkualitas dan menjadi tujuan wisata. Kita sangat bersyukur dan bangga bahwa pemerintah pusat telah menetapkan Muara termasuk dalam kawasan super prioritas pembangunan khususnya pariwisata. Untuk itulah kami pemerintah sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu Pomparan Raja Simatupang Togatorop atas inisiasi pembukaan jalan yang akan dipergunakan oleh seluruh masyarakat,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra mengawali.

“Dalam rangka percepatan pembangunan secara khusus Kabupaten Tapanuli Utara, Bapak Bupati Nikson Nababan telah memprioritaskan sampai tahun 2024 adalah pembukaan jalan atau pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu Bupati Nikson menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Keluarga Besar Raja Simatupang Togatorop yang telah menghibahkan lahannya untuk pembukaan akses jalan. Apalagi seperti yang disampaikan Bapak Ketua Umum Pomparan Raja Simatupang Togatorop bahwa jalan ini akan bisa menghubungkan tiga desa. Jadi sudah tepat bila jalan ini adalah jalan kabupaten. Agar perawatan dan pembangunannya menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten,” ujar Asisten menambahi.

“Desa Simatupang tidak ada view Danau Toba. Tetapi bila kepala desa, para perangkat desa dan seluruh masyarakatnya bisa kreatif membangun desanya saya yakin Desa Simatupang ini menjadi salah satu desa tujuan wisata yang menarik. Mari kita saling mendukung. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarat sangat penting dalam keberhasilan pembangunan. Mari kita sama-sama merawat jalan yang sudah dibuka. Karena akan menjadi warisan bagi anak cucu kita di masa yang akan datang. Atas nama Bupati Tapanuli Utara Jalan Raja Simatupang Togatorop resmi dibuka,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Di kesempatan sebelumnya Ketua Umum Pomparan Raja Simatupang Togatorop JS Simatupang menyampaikan sambutannya.

“Atas nama Keluarga Besar Simatupang Togatorop Boru Bere yang hadir di sini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Secara khusus kepada Bapak Bupati Nikson Nababan atas kehadirannya. Lahan yang dibuka menjadi jalan ini adalah milik warga dari Keluarga Besar Simatupang Togatorop yang kami minta dengan baik untuk dipergunakan menjadi jalan lintas yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Terima kasih kepada para pemilik lahan yang sudah memberikan dukungan yang luar biasa. Dan semua legalitasnya sudah terlaksana dengan baik. Terima kasih atas bantuan alat berat dari Pemkab Tapanuli Utara. Sehingga jalan tersebut sudah dapat dilalui dengan jalan kaki dan ke depannya agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, kami tidak lepas minta bantuan dari Pemkab Tapanuli Utara, seperti yang telah dianjurkan oleh Bupati agar menjadi jalan kabupaten,” paparnya.

“Monumen Tugu Raja Simatupang Togatorop ini akan menjadi objek wisata juga. Karena kami akan memugar tempat tersebut tanpa mengubah yang sudah dibangun. Namun kami berencana akan membuat homestay atau cottage, serta parkiran. Kami tetap minta bantuan dan bimbingan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara apakah dalam pembangunan cottage nantinya perlu IMB dan sebagainya. Mari kita jemput bola untuk membangun opini bahwa destinasi Danau Toba khususnya Muara menjadi nilai tersendiri. Mudah-mudahan ekonomi rakyat kita semakin maju,” tutur JS Simatupang.

Selanjutnya salah seorang tokoh masyarakat Desa Simatupang Alboin Togatorop menyampaikan terima kasih yang sebesar-sebarnya kepada Bupati Nikson Nababan atas bantuannya hingga jalan ini bisa terbuka.

“Terinspirasi oleh daerah wisata lain yang bisa berkembang dengan hasil panen tanaman berbuah, kami berharap kami bisa menanami lahan kami ini dengan bibit tersebut. Untuk itu kami meminta bantuan kepada Pak Bupati agar kiranya bisa disalurkan kepada kami masyarakat Simatupang bibit tanaman berbuah. Agar bisa meningkatkan kehidupan masyarakat di sini. Agar tercapai Desa Simatupang menjadi lumbung pangan dan daerah tujuan wisata. Kami siap mendukung setiap program Bupati untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara,” ungkap Alboin Togatorop.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment