RS di Senegal Terbakar, 11 Bayi Tewas dalam Inkubator

RS di Senegal Terbakar, 11 Bayi Tewas Dalam Inkubator

topmetro.news – Kebakaran rumah sakit di Senegal menewaskan 11 bayi yang berada di dalamnya pada Rabu (25/5/2022) malam waktu setempat.

Wali Kota Tivaouane Diop Sy di radio RFM menyebutkan, hubungan pendek arus listrik menjadi penyebab kebakaran RS di Senegal tersebut.

Menurutnya, kobaran api menyebar dalam waktu kurang dari lima menit.

Diop mengatakan, dua perawat yang melarikan diri tidak dapat menyelamatkan bayi di inkubator mereka, yang semuanya meninggal.

Adapun pemerintah menghadapi kritik yang meningkat atas serangkaian insiden RS yang mematikan tersebut. Sementara itu, Presiden Senegal Macky Sall memecat menteri kesehatannya, Abdoulaye Diouf Sarr.

Hari Berkabung Nasional

Dekrit yang mengumumkan pemecatan itu, yang di bacakan di televisi nasional, tidak memerinci alasan keputusan presiden itu.

Sall juga mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Kantornya juga mengatakan, ia akan mempersingkat perjalanannya ke KTT Uni Afrika (AU) di Guinea Ekuatorial untuk kembali ke Senegal pada Jumat (27/5/2022). Sall notabene adalah penjabat presiden AU.

Menteri Dalam Negeri Senegak Antoine Felix Abdoulaye Dione mengatakan, Sall telah memerintahkan penyelidikan atas kebakaran RS di Senegal tersebut serta audit unit neonatal secara nasional.

Pakar kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa banyak RS Afrika yang kekurangan dana dan juga kekurangan staf telah melampaui kapasitas mereka oleh pandemi Covid-19. Membuat mereka tidak dapat mempertahankan standar keselamatan yang dapat mereka terima.

Seorang ahli risiko dan juga keamanan yang memeriksa unit tersebut, Amadou Kanar Diop, mengatakan bahwa tembok RS itu hangus dan staf yang bertugas tampaknya kewalahan.

“Dapat dilihat bahwa mereka menggunakan beberapa tabung pemadam kebakaran,” jelas dia kepada Reuters.

Sementara itu, posisi Menkes Senegal akan di gantikan oleh Marie Khemesse Ngom Ndiaye. Dia juga adalah mantan direktur jenderal otoritas kesehatan masyarakat.

“Saya baru saja belajar dengan rasa sakit dan cemas tentang kematian 11 bayi yang baru lahir dalam kebakaran di departemen neonatal rumah sakit umum,” ujar Macky Sall dalam cuitannya.

“Kepada ibu mereka dan keluarga mereka, saya menyampaikan simpati saya yang terdalam,” tambah Sall.

 

Sumber: kompas

Related posts

Leave a Comment