IPW: Pecat Polisi Nakal Iptu Jasama Sidabutar!

neta s pane

Jangan Karena Kapolsek Jadi Arogan

TOPMETRO.NEWS – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menegaskan bakal mendesak Kapoldasu baru untuk mencopot Kapolres Siantar, AKBP Doddy Hermawan dan Kapolsek Siantar Barat, Iptu Jasama Sidabutar dari jabatannya masing-masing. Apa pasal?

Neta (foto) sebagaimana dilaporkan hetanews, Selasa (13/6) mengatakan, jika Kapolres Siantar tetap mempertahankan posisi Iptu Jasama yang bersikap arogan mengintervensi razia pekat petugas gabungan Satpol PP dan Polisi Militer (PM), beberapa hari lalu akan menjadi preseden buruk bagi kinerja kepolisian.

“Kapolsek seperti ini harusnya segera dipecat. Dia tidak pantas lagi menjadi Kapolsek karena tidak menyadari fungsinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Dia lebih berorientasi pada kepentingan pribadinya semata,” ujarnya.

Neta menambahkan, sikap oknum aparat terkesan semena-mena tak boleh dibiarkan.

Sekadar diketahui, Iptu Jasama Sidabutar ketika mendatangi Kantor Satpol PP di Jalan Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat marah kepada petugas di sana.

Sikap arogan itu ditunjukkan Kapolsek pasca mengetahui salah satu lokasi kos yang ditempatinya dirazia petugas gabungan.

“Kepada sesama aparatur saja dia bisa bertindak arogan, bagaimana dengan masyarakat yang harus diayominya? Kalau pun dia benar dan tidak terjadi apa apa di kos-kosannya, sebagai pimpinan kepolisian harusnya dia bisa memberi contoh dan menjadi teladan untuk bersikap arif dan bijak,” sindir Neta.

“Jangan mentang-mentang jadi Kapolsek langsung arogan. Ini menunjukkan sebagai pimpinan Kepolisian yang bersangkutan tidak paham tupoksi (tugas pokok dan fungsinya). Sebab itu dia tidak layak menjadi Kapolsek dan harus segera dicopot dari jabatannya oleh Kapolres,” tantang Neta.

Bahkan, pimpinan lembaga pemantau kinera Polri itu mengatakan apabila pencopotan tak kunjung dilakukan Kapolres Siantar, ia memastikan akan mengadukan ke Kapoldasu yang baru, Irjen Pol Paulus Waterpauw karena terkesan melakukan pembiaran oknum polisi nakal.

“Jika Kapolres tidak mau segera mencopotnya IPW akan mendesak Kapoldasu yang baru untuk mencopot Kapolsek bersama Kapolresnya karena membiarkan sikap-sikap arogansi terjadi di kepolisian Pematangsiantar karena era sekarang adalah era polisi sipil yang menjadi pelindung, pengayom dan pelundung masyarakat, bukan polisi yang mengedepankan arogansi!” (het-editor3)

Related posts

Leave a Comment