Sergai Peringkat ke-2 Daerah Terbanyak Penerima BSPS se-Sumut

Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP hadiri serah terima buku tabungan (Serbutab) kepada Calon Penerima Bantuan (CPB) Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

topmetro.news – Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP hadiri serah terima buku tabungan (Serbutab) kepada Calon Penerima Bantuan (CPB) Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kegiatan berlangsung di Stadion Mini, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Jumat (3/6/2022).

Wabup Sergai mengapresiasi tinggi acara pada hari itu, mengingat tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. “Tentu kegiatan ini bisa memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya. Sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman,” ucapnya.

Adlin Tambunan menginformasikan, Kabupaten Sergai mendapat jatah 994 unit rumah yang tersebar di 10 kecamatan dan 21 desa. Ia mengaku ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan salah satu upaya untuk mewujudkan visi Sergai yang ‘Maju Terus’. Terutama dalam hal masyarakat yang sejahtera lewat bantuan rumah yang layak huni.

“Dan infonya, kita jadi daerah nomor 2 terbanyak yang menjadi sasaran Program Serbutab se-Sumatera Utara setelah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dengan BSPS ini semoga kehidupan masyarakat dapat lebih baik dan dapat berguna untuk membangun rumah yang layak huni. Tapi ingat, bantuan yang sudah diberikan harus dirawat dengan baik supaya bertahan lama dan bisa digunakan sebaik-baiknya,” tandas Adlin.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II Iswanto ST MSi menyebut, dana stimulan untuk setiap penerima yaitu sebesar Rp20 juta. Di mana Rp17,5 juta untuk material bangunan. Kemudian Rp2.5 juta sisanya merupakan upah pekerja bangunan.

“Kami berharap semoga dengan bantuan ini, masyarakat Sergai dapat membuat rumah layak huni, yang kokoh. Dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” ucap Iswanto.

21 Desa

Di kesempatan itu, Kadis Perumahan Dan Kawasan Permukiman Sofyan Suri SSos MM melaporkan, pada acara pagi itu hadir perwakilan 4 desa di Kecamatan Tanjung Beringin dan Teluk Mengkudu dari total 21 desa yang mendapatkan alokasi bantuan.

“Perwakilan desa yaitu dari Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Nagur, Desa Pematang Kuala dan Desa Pasar Baru. Yang di mana nantinya akan berlaku secara simbolis penyerahan buku tabungan kepada CPB,” tuturnya.

Hadir juga dalam kesempatan itu Camat Tanjung Beringin Elmiati SAP, serta para penerima Program BSPS, dan masyarakat sekitar.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment