Meresahkan, 27 Advokat Gugat Pos Gugat Ambai Usaha Kafe Coffee Rp10 M

Dianggap telah meresahkan dan merugikan masyarakat, sebanyak 27 advokat dari Pengurus Besar Perkumpulan Advokat Sumatera Utara (PB PASU) mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) terhadap beroperasinya usaha Pos Ambai Coffee ke PN Medan.

topmetro.news – Dianggap telah meresahkan dan merugikan masyarakat, sebanyak 27 advokat dari Pengurus Besar Perkumpulan Advokat Sumatera Utara (PB PASU) mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) terhadap beroperasinya usaha Pos Ambai Coffee ke PN Medan.

Para advokat ditunjuk sebagai kuasa hukum dari Farid Wajdi dan Diurna Wantana warga Jalan Ambai Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung yang yang tidak jauh dari usaha kafe tersebut.

Gugatan tertuang dalam Register No. 443/Pdt.G/2022/PN.Mdn, dengan tujuan pemilik Pos Ambai Coffee. Juga kepada Menteri Investasi/Kepala Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Walikota Medan, Kepala DPMPTSP Medan. Kemudian ke Kadis Pariwisata Medan, Kepala Satpol PP Medan, Camat Medan Tembung, dan Lurah Kelurahan Sidorejo Hilir.

“Kita telah mendaftarkan gugatan perdata, perbuatan melawan hukum, terhadap Pos Ambai Coffe di Jalan Ambai. Kegiatan kafe mereka itu 24 jam yang sudah merusak tatanan dan kerukunan kehidupan masyarakat di sekitarnya,” kata Indra Buana Tanjung SH, ketua tim kuasa hukum kedua warga, usai mendaftarkan gugatan, Kamis (8/6/2022).

24 Jam

Kehadiran dan aktivitas Pos Ambai Coffee sudah ada sejak Februari 2021. Serta telah mengganggu fungsi hunian dan penurunan kenyamanan hunian warga, baik secara sosial, pendidikan, lingkungan dan juga kenyamanan pelaksanaan keagamaan. Hal itu karena kafe beroperasi penuh 24 jam.

“Dari pagi, siang, sore, malam sampai dengan subuh lagi. Sehingga berdampak buruk bagi para penggugat,” ujarnya.

Dampak yang penggugat rasakan antara lain, merasakan suara berisik. Juga kegaduhan suara yang bersumber dari teriakan, nyanyian dan kalimat tidak sopan para pengunjung kafe. Selain itu, para penggugat, juga merasakan suara dari knalpot yang bising dari sepeda motor yang lalu lalang keluar masuk ke kafe.

“Hal itu juga membuat ketidaknyamanan fisik dan psikis para penggugat akibat operasional kafe. Sehingga menimbulkan ekses, seperti menimbulkan gangguan tidur, sakit kepala, dan gangguan pendengaran,” ujarnya.

“Kegiatan kafe yang 24 jam ini, di saat masyarakat perlu waktu istirahat, jadi terganggu. Salah satunya, klien kita ini Pak Diurna yang juga seorang jurnalis. Beliau terganggu saat menulis berita dan kegiatan belajar anaknya juga terganggu,” sambungnya.

Begitu juga dengan penggugat Farid Wajdi, yang merupakan seorang dosen, terganggu akibat suara bising dari dalam kafe. Apalagi, para penggugat adalah orang yang lebih dahulu bertempat tinggal dan menjadi warga di Jalan Ambai.

Ganti Rugi

“Kalau kita merujuk UU Pasal 1365 dan 1366 KUHPerdata, bahwa setiap perbuatan melanggar hukum yang membawa kerugian kepada orang lain, maka orang tersebut wajib membayar ganti denda kerugian dari apa yang telah dilakukannya,” sebutnya.

Ia menambahkan, para penggugat sudah beberapa kali melakukan mediasi dan mengirimkan surat resmi ke pemilik. Namun, hingga kini, pemilik kafe tidak mengindahkannya.

“Akibat perbuatan tergugat, para penggugat mengalami kerugian materiil sebesar Rp700 juta dan kerugian imateriil sebesar Rp10 miliar,” pungkasnya.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment