Aceh Urutan 5 Provinsi Termiskin se-Indonesia, ini Peringkat Aceh Singkil dari 23 Kabupaten Kota

Provinsi Aceh atau biasa disebut Naggroe Aceh Darussalam (NAD) memiliki memiliki tiga kekuatan dan keunggulan tersendiri.

topmetro.news – Provinsi Aceh atau biasa disebut Naggroe Aceh Darussalam (NAD) memiliki memiliki tiga kekuatan dan keunggulan tersendiri. Yaitu kehidupan masyarakatnya yang religius, budayanya yang luhur, dan adat istiadat yang sangat dihormati baik oleh masyarakat Aceh maupun oleh kita semua. Namun hal ini tidak menjadikan patokan apakah Provinsi Aceh sejahtera.

Berdasarkan catatan dari data penduduk miskin yang dirilis BPS (Badan Pusat Statistik) per Maret sampai dengan September 2021, persentase penduduk miskin di Indonesia yakni sebesar 9,71 persen, Provinsi Aceh masuk urutan 5 besar termiskin yakni di angka 15,53%.

Lantas 23 kabupaten yang ada di Provinsi Aceh Kabupaten mana menduduki peringkat satu.

Melalui data BPS Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Kabupaten/Kota (Persen), 2020-2021 di Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Singkil kembali menyabet juara termiskin yakni di angka 20,36%. Angka ini meningkat dari tahun 2020, yang di mana saat itu persentasenya 20,20%.

Hal ini juga tidak sejalan dengan lagu yang dinyanyikan salah seorang penyanyi daerah Kabupaten Aceh Singkil, yaitu almarhum Ali Sagala. Di mana lagu itu diberi judul ‘Pulau Banyak’ dan pepuler era tahun 2000-an.

reporter | Rusid Hidayat

Related posts

Leave a Comment