Bus Trans Binjai Diujicoba

TOPMETRO.NEWS – Masyarakat Kota Binjai akan segera memiliki moda transportasi baru bernama bus Trans Binjai yang akan diluncurkan secara resmi pada pertengahan Juli mendatang. Empat unit bus telah tiba di Binjai dan langsung diujicoba oleh Walikota HM Idaham SH MSi, Kamis (15/6).

Ujicoba Bus Trans Binjai melintas diawali dari Balai Kota, Jalan Sudirman, Binjai Kota. Kemudian mengitari Tugu Pahlawan Binjai, lalu masuk ke Jalan Imam Bonjol. Puas melintas jalan itu, kemudian menyisir ke Jalan Sultan Hasanuddin hingga akhirnya balik ke Balai Kota Binjai.

Kepada wartawan, Idaham mengatakan Bus Trans Binjai dilengkapi CCTV untuk dapat melihat penumpang dan  GPS untuk memantau pergerakan bus.  Selain itu, Bus Trans Binjai dilengkapi dengan air conditioner (AC) dan masing –masing  memiliki 20 kursi penumpangUntuk pembayaran nanti, menggunakan smart card,” kata Idaham

Untuk smart card, lanjut Idaham, masih dikoordinasikan dengan PT KAI.  Tujuannya, Smart Card yang nantinya diberikan kepada masyarakat tidak hanya dimanfaatkan untuk Bus Trans Binjai, tetapi dapat dimanfaatkan saat menggunakan kereta api.  Kabar baiknya, bus ini akan digratiskan selama beroperasi hingga bulan Desember  2017.

“Tahun ini tarif kita gratiskan. Kita mau lihat dulu berapa biaya operasional yang dikeluarkan, sehingga kita bisa menghitung tarif yang akan dikenakan. Sementara untuk rute, kita atur agar tidak ada berbenturan dengan Bus Perintis,” paparnya.

Operasional Bus Trans Binjai nantinya hanya berhenti pada halte-halte yang telah disiapkan. Untuk memudahkan  calon penumpang,  Pemko akan membangun halte sesuai warna  bus.

“Misalnya warna Biru rutenya Utara ke Timur dan warna hijau rutenya Barat ke Selatan. Nah, dari warna saja masyarakat sudah bisa memahami bus mana yang dicari,” terang Idaham.Menyangkut rute dan tarif Bus Trans Binjai, Idaham mengaku akan disusun dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah tahun ini, kita akan punya 8 unit Bus Trans Binjai. Kita akan menciptakan smart transportasi dan menciptakan kota pintar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Binjai, Syahrial m‎engatakan, Bus Trans Binjai belum dioperasionalkan secara intensif. Sebab, Pemko Binjai masih akan menunggu halte yang akan dibangun tahun 2017 ini.(TMD/SYAHRIL)

Related posts

Leave a Comment