Buka Puasa Bersama Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 H

Buka Puasa Bersama Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 H

Topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar buka puasa bersama dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Sabtu (9/7/2022) malam.

Tampak hadir Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Ketua PA Kisaran, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Sekda Asahan, Asisten, OPD, Camat dan tokoh agama.

Bupati Asahan H Surya BSc di acara buka puasa bersama idul adha mengatakan semua hal yang kita miliki baik harta, keluarga, pangkat, derajat dan semua nikmat yang kita rasakan pada hakikatnya merupakan titipan dan amanah dari Allah SWT yang harus kita syukuri dan kita gunakan sesuai dengan ajaran agama.

“Dalam kaitannya dengan itu, saya percaya bahwa umat Islam di Asahan tentu tidak hanya memaknai Hari Raya Idul Adha sebatas makna saja. Akan tetapi lebih dari itu, pada hakikatnya, ada makna filosofis yang perlu kita gali di balik hari raya ini”, kata Bupati.

Lebih Lanjut

Di hari raya ini ada 4 peristiwa yang penting yakni ibadah haji, puasa arafah, shalat idul sdha dan Qurban. Dalam semua ibadah tersebut terdapat nilai nilai sosial kemanusiaan, karena semuanya mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, saling memberi dan persamaan derajat sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat rukun.

“Pemkab Asahan senantiasa mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan mengikuti aturan tentang tatacara penyembelihan hewan qurban yang telah ditetapkan Pemerintah, terlebih kita saat ini sedang menghadapi wabah virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). oleh karena itu kita tetap bersatu melawan segala bentuk virus dalam mewujudkan visi misi sejahtera, relegius dan berkarakter”, kata Bupati.

Ketua MUI Asahan H Salman Abdullah Tanjung MA dalam tausiyahnya mengajak untuk saling menghargai perbedaan, karena masing masing memiliki cara tersendiri dalam menentukan hari raya Idul Adha 1443 H, selama perbedaan itu tidak melanggar dari syariat Islam.

Usai melaksanakan buka puasa bersama, Bupati Asahan, Forkopimda dan undangan lainnya melepas 104 mobil hias pawai takbir keliling di halaman Kantor Bupati Asahan.

Penulis | EN.

Related posts

Leave a Comment