Hadiri Pengobatan Gratis di Puskesmas Siborongborong, Ketua TP PKK Taput Harapkan Masyarakat Makin Sehat dan Religius.

Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM menghadiri Gebyar Pengobatan Gratis di UPT Puskesmas Siborongborong, Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (14/7/2022).

topmetro.news – Ketua TP PKK Taput Satika Simamora SE MM menghadiri Gebyar Pengobatan Gratis di UPT Puskesmas Siborongborong, Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (14/7/2022).

Turut mendampingi, Kadis Kesehatan Sudirman Manurung, Camat Siborongborong Herianto P Nababan, Kepala UPT Puskesmas Siborongborong dr Tiurma Sinaga. Serta Putri Otonomi Indonesia 2022 Gresita Siahaan.

Pelaksana kegiatan adalah Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumatera Utara. Bekerjasama dengan Pemkab Taput. Tujuannya, melayani kesehatan masyarakat, seperti operasi bibir sumbing, sunatan massal, operasi katarak, dan pengobatan massal. Penanganannya langsung oleh para dokter spesialis di bawah pimpinan dr Nafsir Pohan (spesialis bedah),

“Gebyar Pengobatan Gratis yang digagas Satgas BKB Sumut di Puskesmas Siborongborong ini sangat baik. Dan banyak membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, saya bangga atas inisiasi BKB dalam memprakarsai kegiatan ini,” ucap Satika Simamora.

Ketua TP PKK juga berharap kegiatan seperti itu bukan hanya di Kecamatan Siborongborong. Akan tetapi hingga keseluruh desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara serta berkelanjutan.

“Oleh karenanya, kita sebagai pelayanan masyarakat dapat hadir di tengah masyarakat untuk memastikan kesehatan mereka. Semoga kegiatan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Sehingga apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat terwujud. Termasuk masyarakat yang sehat dan religius dapat terwujud,” harap Satika Simamora.

Di akhir arahannya, Satika Simamora berpesan agar semuanya terus bekerja dengan tulus dan ikhlas. Karena menangani masalah kesehatan perlu kerjasama dan peran aktif dari berbagai unsur organisasi pemerintah dan nonpemerintahan.

Ia juga mengucapkan rasa syukur dan terimah kasih kepada Gubernur Sumatera Utara dan rombongan BKB Sumut.

“Kami berharap juga kepada BKB Sumut, agar nantinya mengunjungi daerah-daerah terpencil atau pelosok yang ada di Taput, seperti Garoga. Sebab di sana masih banyak yang perlu pembenahan karena fasilitas belum memadai. Dan yang pasti, masyarakat di sana akan lebih terbantu dari segi waktu dan materi,” tutup Satika.

Kegiatan Kedua

Di kesempatan yang sama, Kadis Kesehatan Taput Sudirman Manurung mengungkapkan bahwa kegiatan itu merupakan yang kedua. Yang pertama di Kecamatan Siatas Barita.

“Kegiatan pengobatan gratis ini merupakan program dari BKB Sumatera Utara yang diusulkan melalui Dinas Kesehatan Tapanuli Utara diikuti warga yang berasal dari Kecamatan Siborongborong, Sipahutar, dan Muara. Hal ini sesuai dengan pengalaman ketika mendatangi ke rumah warga dan ingin tahu kondisi di masyarakat. Serta melihat kondisi kesehatan masyarakat yang tidak bisa datang ke Puskesmas,” ucap Sudirman Manurung.

“Program ini akan kami laksanakan di setiap desa dan tidak hanya pengobatan di Puskesmas saja. Namun saat ini kami juga ke desa dan dusun untuk melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke Puskesmas. Kami juga akan langsung datang ke rumah masyarakat yang sakit melalui bidan desa. Jangan ragu untuk menyampaikan keluhan terkait kesehatan dan untuk datang berobat. Kami akan memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal untuk menuju Kabupaten Tapanuli Utara yang Maju Terus,” tutup Sudirman.

Mewakili Satgas BKB, dr Muhamad Natsir Pohan SpB menjelaskan bahwa sasaran utama kegiatan adalah pelaksanaan sunat gratis, operasi bibir sumbing dan langit-langit, penyakit dalam, dan lainnya. “Kegiatan ini adalah inovasi pelayanan yang digagas oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi. Untuk membantu mendekatkan akses layanan kepada masyarakat dengan mutu dan kualitas standart layanan yang sama,” ucap Natsir.

Di akhir acara, Satika Simamora bersama Sudirman Manurung memberikan cenderamata berupa stola kepada rombongan dari BKB Sumut. Juga bingkisan kepada pasien berupa susu, biskuit, dan sarung serta bantuan transportasi.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment