Wakil Bupati Asahan Hadiri Munas I AKPSI di Jakarta

Wakil Bupati Asahan Hadiri Munas I AKPSI di Jakarta

topmetro.news Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi bersama Kadis Pertanian Ir Oktoni Erianto MMA menghadiri Munas I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Agenda utama Munas adalah komitmen bersama daerah penghasil sawit dalam memperbaiki tata kelola sawit nasional.

Ketua AKPSI Yulhaidir yang juga Bupati Seruyan Kalimantan Tengah mengatakan Munas I AKPSI yang beranggotakan 160 kabupaten penghasil sawit di 21 Provinsi adalah bagaimana menjadi mitra strategis Pemerintah dan steakholder perkebunan sawit dalam membangun, menata, mengawasi tata kelola sawit dan menjadi wadah Pemkab dalam memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit khususnya pendapatan daerah serta kesejahteraan masyarakat di area perkebunan sawit.

Munas ini I dibuka Mendagri Tito Karnavian. Turut hadir Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan, Bupati/Wakil Bupati.

Saat dialog dengan Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, Wakil Bupati Asahan menyampaikan beberapa poin yang menjadi harapan Kabupaten Asahan kedepan dalam meningkatkan kesejahteraan petani sawit.

Wabup juga menyinggung revisi peraturan/regulasi mengenai dana bagi hasil (DBH) dari sektor perkebunan kelapa sawit bagi kabupaten penghasil kelapa sawit. Wabup berharap kabupaten penghasil kelapa sawit dapat memungut retribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Wabub berharap agar dapat di bangun kembali Perkebunan Inti Rakyat (PIR) untuk kesejahteraan masyarakat. Perusahaan perkebunan kelapa sawit segera menuntaskan  pembangunan kebun plasma masyarakat.

 

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment