Dua Pemuda Pengangguran Nekat Curi Pagar Gereja

dua pemuda pengangguran

topmetro.news – Pelaku kejahatan sepertinya sudah tidak menghiraukan lagi apa yang menjadi sasaran mereka, yang penting bisa segera mendapatkan uang walau dengan cara melawan hukum. Begitulah yang dilakukan oleh dua pemuda pengangguran ini. Entah setan apa yang merasuki jiwanya hingga pagar besi dari sebuah rumah ibadah pun menjadi sasarannya.

Ya, ke dua pemuda pengangguran tersebut yakni M.Yulus Cansar (16) warga Jln.Danau Singkarak Link.II Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur dan Muhammad Seger Wahyudi Hura (27) warga Jln.Danau Laut Tawar Link.V Keluarahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur harus meringkuk dalam terali besi. Sementara 1 orang pelaku lainnya Ringga Muliawan alias Madop masih dalam pengejaran.

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kasi Humas Iptu Junaidi mengatakan bahwa kali ini pagar besi Gereja GKPI Km.18 Jln.Danau Tempe Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur menjadi sasaran pencurian oleh 3 orang pemuda pengangguran tersebut pada hari Selasa (12/7/2022) sekira pukul 01.00 WIB.

Kedua pemuda pengguran tersebut ditangkap pada hari Senin (18/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB di Jln.Danau Laut Tawar Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur.

Kronologis penangkapan dua pemuda pengangguran tersebut berawal pada hari Selasa (12/7/2022) sekira pukul 09.00 WIB pelapor Walduin Tinambunan (49) warga Jln.Danau Batur Perumahan Citra Wahidin Blok G No.43 Kelurahan SM.Rejo Kecamatan Binjai Timur sebagai pimpinan Gereja GKPI Km.18 melihat group WA bahwasanya pintu gerbang gereja telah hilang.

Lalu pelapor mendatangi gereja dan sesampainya di gereja pelapor melihat memang benar gerbang pagar gereja tersebut sudah tidak ada.

Kemudian atas dasar kesepakatan bersama jemaat Gereja GKPI Km.18, maka peristiwa tersebut dilaporkan ke Polsek Binjai Timur dengan Laporan Polisi Nomor : LP/B/58/VII/2022/SPKT/Polsek Binjai Timur/Polres Binjai/Polda Sumut, tanggal 12 Juli 2022.

Atas kejadian tersebut pihak pengurus gereja GKPI Km.18 menderita kerugian sebesar Rp6.000.000. Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Binjai Timur AKP A.Pardede langsung memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Alex Pasaribu SH beserta anggota untuk melakukan penyelidikan.

Sehingga pada hari Senin (18/7/2022) sekira pukul 14.00 WIB diperoleh informasi bahwa pelaku pencurian pagar besi Gereja GKPI Km.18 berada di Jln.Danau Laut Tawar Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur.

Selanjutnya anggota Opsnal segera meluncur ke TKP untuk mengamankan para pelaku.

Setibanya di TKP petugas melihat salah satu pelaku yang identitas dan ciri-cirinya sudah diketahui sedang berada di tengah perladangan.

Selanjutnya sekira pukul 14.00 WIB Team Opsnal langsung mengamankan pelaku M. Yulus Cansar.

Selanjutnya petugas menginterogasi pelaku dan pelaku mengakui jika ada 2 orang pelaku lainnya yang turut serta melakukan pencurian pagar gereja tersebut.

Sekira pukul 15.00 WIB, Team Opsnal kembali berhasil mengamankan 1 orang pelaku lainnya bernama Muhammad Wahyudi Seger Hura di rumahnya di Jln.Danau Tempe Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur.

Sedangkan 1 orang pelaku lainnya bernama Eringga Muliawan alias Madop masih dalam pengejaran. Kedua orang diduga pelaku tersebut telah mengakui bahwasanya benar merekalah yg melakukan pencurian pagar besi gereja GKPI Km.18 dan telah dijual ke Gudang Botot di TF seharga Rp320.000.

Selanjutnya kedua tersangka diamankan ke Polsek Binjai Timur Polres Binjai untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke-3(e) dan 4(e) KUHPidana.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment