Petani Geruduk Kantor Bupati Samosir Tuntut Janji Kampanye

Petani Geruduk Kantor Bupati Samosir Tuntut Janji Kampanye

topmetro.news – Ratusan warga Samosir yang berprofesi sebagai petani, mendatangi kantor Bupati Samosir untuk menuntut janji Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Senin (22/8/2022).

Petani berkumpul di Terminal Onan Baru Pangururan, dengan menggunakan truk dan sepeda motor berkonvoi menuju Kantor Bupati, sembari berorasi menuntut janji Kampanye Vandiko T Gultom, mensejahterakan masyarakat dengan ketersediaan pupuk bersubsidi dan lapangan pekerjaan kepada masyarakat.

Di depan Kantor Bupati Samosir, Koordinator aksi Petani Saroha Siregar dalam orasinya mengatakan, kedatangan mereka bermaksud menuntut janji kampanye pada saat Pilkada TA 2020 yang lalu, menyatakan “Air Mata Menjadi Mata Air (mensejahterakan rakyat)”.

“Namun kenyataannya penderitaan yang kau ciptakan. Mohon koreksi surat Bupati Samosir Nomor 360/1777/BPBD/VIII/2022, kepada Gubernur Sumatera Utara, yang meminta Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, menghentikan aktivitas penyadapan getah pinus dan perbaikan sprinkle, sebab kami masyarakat tani hutan bukanlah pelaku pembakar lahan dan hutan, justru kami jaga,”teriak Siregar.

Menurut Siregar, yang mereka tuntut adalah hak mereka dan hak orangtua mereka.

“Yang kami tuntut bukan untuk kekayaan. Namun tidak lebih hanya untuk sejengkal perut dan tempat tinggal, tidak lebih dari itu,” ketus Saroha.

Sementara itu, rombongan pengunjuk rasa yang disambut Plt Asisten I Tunggul Sinaga dan Plt Kasatpol PP Roijan Pasaribu.

Plt Asisten I Tunggul Sinaga, mengatakan pada dasarnya tidak ada yang melarang masyarakat. Terlebih untuk memanfaatkan kawasan hutan untuk menyadap getah Pinus. Hal itu hanya pada saat musim kemarau guna menghindari Karhutla,

“Namun untuk mencabut surat permohonan Bupati Samosir Vandiko T Gultom kepada Gubernur Sumatera Utara. Khususnya Dinas Kehutanan Provsu, mari kita bicarakan dengan beberapa perwakilan masyarakat di ruang Kantor Bupati” ujar Tunggul.

Reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment