TP PKK Provsu Monitoring Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Deli Serdang

Deli Serdang

topmetro.news – Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP menghadiri Monitoring Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Pelaksana Lomba Desa/Kelurahan 10 Program Pokok PKK 5 Kategori Perlombaan di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Kamis (25/8/2022).

“Pelaksanaan monitoring ini bertujuan untuk memaksimalkan peninjauan hasil supervisi sebelumnya dan mengamati secara langsung pelaksanaan kegiatan Tertib Administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hati PKK, IVA Test tahun 2022,” kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I.

Selain itu, sambung Bupati, monitoring tersebut juga untuk menentukan nominasi unggulan di tahap evaluasi terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Hal itu dimaksudkan untuk menemukan dan mengenali potensi-potensi yang dapat dikembangkan, sekaligus untuk mengevaluasi hal-hal yang telah dilakukan, baik tingkat keberhasilan maupun yang harus dibenahi.

Oleh karena itu, diharapkan Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara, bisa memberikan ide, saran dan gagasan, sehingga termotivasi untuk dapat mengembangkan desa-desa di Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

“Karena Deli Serdang sebagai kabupaten besar, yang dikarunia segala kekayaan dan keberagaman masih sangat membutuhkan masukan. Harapannya, dapat memberi nilai tambah, sehingga setiap potensi yang ada terkelola dengan baik dan kami pun dapat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tegas Bupati.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang I TP PKK Sumut, Ny Sri Mihari Musa Rajekshah menjelaskan perkembangan kegiatan PKK telah mengalami berbagai perubahan sejak keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) No.99 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.36 tahun 2020 serta hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK.

“Tentunya, banyak hal yang harus kita sikapi serta tindaklanjuti terkait bidang kelembagaan administrasi dan 10 Program Pokok PKK serta berbagai jenis lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, berupa pelaksana Terbaik Tertib administrasi, PAAR, UP2K, Hati PKK dan IVA tes,” jelasnya.

Sistem koordinasi dan konsultasi, terutama kepada para organisasi perangkat daerah (OPD), tegasnya, harus tetap terlaksana dengan baik dan berkelanjutan agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan dengan baik.

“Ciptakan jaringan kemitraan yang luas dengan mitra PKK, bersifat tidak mengikat dan rancangan bentuk sistem kemitraan yang kuat dan bermanfaat besar bagi PKK. Penting untuk diperhatikan, agar pelaksanaan pembinaan melalui sistem rentang kendali 1-3-6-9-12, untuk mencapai kelompok dasawisma yang maksimal, aktif dan bangga dengan PKK. Jadi kader cerdik demi PKK gemilang,” tegasnya.

Tim Monitoring Provinsi Sumatera yang hadir di kegiatan tersebut, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumut, Dr Hendra Dermawan Siregar SSTP MSP; Sekretaris Pokja Ini PKK Sumut, Ny Yuniar Marpaung; mewakili Dinas Pertanian Sumut, Ny Irma Hera; mewakili Dinas Kesehatan Sumut, Ny Indra.

Dari TP PKK Deli Serdang, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar; Kepala Dinas PMD Deli Serdang, Drs Khairul Azman MAP, perwakilan OPD, para camat, kepala desa, dan anggota TP PKK kecamatan/desa.

Reporter | Fauzi Hasibuan

Related posts

Leave a Comment