Ketua PWI Sumut: UKW Menguntungkan Semua Pihak

Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dapat menguntungkan semua pihak. Karena, dengan telah lulus UKW, semua wartawan akan dapat bekal ilmu dan pengetahuan yang dapat memberikan produk pemberitaan berkualitas.

topmetro.news – Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dapat menguntungkan semua pihak. Karena, dengan telah lulus UKW, semua wartawan akan dapat bekal ilmu dan pengetahuan yang dapat memberikan produk pemberitaan berkualitas.

Demikian kata Ketua PWI Sumatera Utara (Sumut) H Farianda Putra Sinik dalam sambutannya dalam acara pembukaan UKW Angkatan 43 di D’San Hotel Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan, Sabtu (3/9/2022).

Selain itu imbuhnya, wartawan yang telah lulus UKW juga memiliki etika yang baik. Serta lebih mengedepankan perimbangan berita dengan mengacu kepada kode etik jurnalistik.

“UKW) adalah program PWI secara nasional. Tujuannya bukan semata untuk sertifikasi. Namun ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab organisasi dalam meningkatkan SDM wartawan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Farianda juga menjelaskan, UKW bukan hanya untuk peningkatan SDM wartawan semata, atau bukan hanya untuk kepentingan jurnalis. Namun berita yang baik juga dapat menciptakan suasana yang baik pula di masyarakat.

“Maka dengan terlaksananya UKW Angkatan 43 di Kabupaten Madina ini, saya sangat mengapresiasi kerjasama PWI dan PT SMGP ini. Sebab saya melihat, perusahaan dan pemerintah juga berkepentingan atas berita dengan kualitas yang baik,” ucapnya.

Diketahui, pelaksanaan UKW Angkatan 43 ini dibuka untuk tingkatan muda dengan empat kelas dengan peserta 24 wartawan yang ada di Kabupaten Madina. Sesuai jadwal, pelaksanaannya akan berlangsung selama dua hari.

Dan dari pantauan topmetro.news, selain Ketua PWI Sumut, pada pembukaan UKW Angkatan 43 itu juga hadir Sekdakab Gozali Pulungan mewakili Bupati madina.

Kemudian hadir juga Ketua DPRD Erwin Efendi Lubis SH, perwakilan PN Madina Catur Alfath Satriya SH, Wakil Kepala Tekhnik PT SMGP Ali Sahid, dan jajaran. Juga ada Ketua PWI Madina M Ridwan Lubis dan jajaran serta para peserta UKW.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment