Dukung Desa Wisata, Dinas Ketapang Samosir Gelar Bimtek dan Sosialisasi Peremajaan Kopi

bimbingan teknis dan sosialisasi peremajaan kopi. Berlangsung di Desa Singkam Kecamatan Sianjurmulamula

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom diwakili Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir Dr Tumiur Gultom SP MP mewakili Bupati, hadiri bimbingan teknis dan sosialisasi peremajaan kopi. Berlangsung di Desa Singkam Kecamatan Sianjurmulamula, Kamis (1/9/2022).

Hadir perwakilan Kadis Perkebunan Sumatera Utara Lismawaty SP MM. Tampak juga Tovan Marhennata SP, yakni agronomist dari Starbuck Coffee Farmer Center, pegiat kopi dari Kabupaten Samosir. Juga pemilik merek dagang Kopi Pardosir Marulam Sinaga dan petani kopi.

Dalam sambutannya, Tumiur Gultom mengatakan, pelaksanakan bimtek dan sosialisasi peremajaan kopi mendukung desa wisata di Desa Singkam Kecamatan Sianjur Mulamula. Pesertanya petani kopi dari 4 kelompok tani dengan jumlah sebanyak 50 petani itu merupakan dukungan dari Pemkab Samosir dalam membantu masyarakat melaksanakan peremajaan kopi yang sudah tidak produktif agar menjadi produktif kembali.

Bimbingan teknis/sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan seluruh petani kopi. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kopi di Kabupaten Samosir. Fasilitator kegiatan adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Sumatera Utara.

Lismawaty SP MM mengatakan, sebagai tindaklanjut dari bimbingan teknis/sosialisasi, Dinas Perkebunan Sumatera Utara akan memberikan bantuan berupa bibit, pupuk organik, dan tanaman pelindung kopi kepada 4 kelompok tani yang mengusulkan. Yaitu Kelompok Tani Wanita Toho, Kelompok Tani Wanita Nauli, Kelompok Tani Wanita Kasih dari Desa Singkam Kecamatan Sianjurmulamula. Serta Kelompok Tani Maduma dari Desa Janji Martahan Kecamatan Harian.

Di akhir sambutannya, Tumiur Gultom mengharapkan setiap kelompok tani saling berkoordinasi dengan penyuluh dan petugas dari Dinas Ketapang Pertanian Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment