Polres Lakukan Penyuluhan Hukum di Seluruh Desa se-Madina

Polres Madina melakukan penyuluhan hukum di seluruh desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

topmetro.news – Polres Madina melakukan penyuluhan hukum di seluruh desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

Demikian penjelasan Kapolres Madina AKBP HM Reza Chairul AS SH SiK melalui Kasat Reskrim AKP Edi Sukamto SH, menjawab konfirmasi topmetro.news, Rabu (7/9/2022), terkait pelaksanaan penyuluhan hukum di lingkungan Kabupaten Madina.

Mantan Kasat Reskrim Polres Kota Madya Pematangsiantar itu juga menjelaskan, bahwa dalam melakukan penyuluhan hukum, pihak polres bekerjasama dengan desa-desa. Serta kegiatannya langsung di desa setempat.

“Penyuluhan hukum ini dilakukan oleh seluruh pejabat di Polres Madina secara seremonial yang dibuka di kecamatan. Kemudian, sisa jam dari pembukaan yang ada di kecamatan itu, kami lanjutkan di desa setempat,” terangnya.

Kemudian lanjutnya, untuk penyuluhan hukum di setiap desa itu, mereka mengirimkan dua orang dari polres. Bertugas untuk melakukan sosialisasi tentang hukum di desa tersebut.

Berdasarkan data yang topmetro.news peroleh dari Kasat Reskrim, pelaksanaan kegiatan penyuluhan lingkungan ini tetap berdasarkan jadwal dan standart sesuai ketetapan di desa. Sehingga tidak ada penyalahgunaan waktu ataupun anggaran.

“Silahkan kawan-kawan cek langsung ke desa-desa. Kegiatan itu kita laksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang hukum. Khususnya masalah perjudian ataupun masalah-masalah hukum lainnya,” pungkasnya.

Usai mendapatkan keterangan dari Kasat Reskrim Polres Madina AKP Edi Siswanto SH, wartawan langsung mengkonfirmasi ke desa-desa. Salah satunya Kepala Desa Gunung Tua Julu Kecamatan Panyabungan Ahmad Sopian Nasution.

Terlaksana di Desa

Ia pun membenarkan bahwa kegiatan itu benar terlaksana di desa mereka. “Benar untuk acara penyuluhan hukum itu telah terlaksana langsung di desa kami. Awalnya pembukaan itu dilaksanakan di kecamatan. Setelah itu, berdasarkan jadwal yang kami tetapkan pihak polres langsung turun dan tatap muka dengan masyarakat di desa kami,” ungkap kepala desa didamping oleh Sekretaris Desa Azhari Cahyadi.

Ahmad Sopian Nasution melalui topmetro.news juga mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan itu, sangat baik untuk memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat.

“Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih karena kegiatan penyuluhan hukum ini cukup baik. Sebab, dengan terlaksananya kegiatan itu, warga kami di desa akhirnya jadi memahami tentang hal-hal yang bertentangan dengan hukum. Sehingga mereka bisa membentengi diri agar tidak melakukan pelanggaran hukum”.tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment