Yani Siskartika: Delapan Warga Sibanggor Julu Sidang Dilakukan Observasi

Delapan warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandaiking Natal (Madina) yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan dan RS Permata Madina kini sedang dilakukan observasi.

topmetro.news – Delapan warga Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandaiking Natal (Madina) yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan dan RS Permata Madina kini sedang dilakukan observasi.

Hal itu disampaikan oleh Corporated communications SMGP Yani Siskartika kepada media melalui pesan persnya, Jumat (16/9/2022) malam.

Dijelaskannya, saat ini empat warga yang mendatangi RS Permata Madina dan empat warga lainnya yang dirawat di RSUD Panyabungan sedang dilakukan observasi atas keluhan yang disampaikan.

“Saat ini dapat dipastikan kondisi aman dan PT SMGP terus lakukan monitoring,” ungkapnya.

PT SMGP melakukan kegiatan logging test sumur T-11. Kegiatan logging sumur T-11 ini dilakukan untuk mengukur tekanan dan temperatur di sumur.

Kondisi sumur tertutup dan tidak ada aliran fluid sama sekali yang keluar dari sumur sepanjang pelaksanaan logging. “Kegiatan operasional tersebut sejauh ini berjalan normal. Namun dihentikan setelah adanya laporan warga yang mengeluh mencium bau,” ujarnya.

Yani juga menambahkan, hingga saat ini kondisi aman dan tidak ada satu pun pekerja di lokasi pad T yang mengalami keluhan kesehatan saat pekerjaan logging.

“PT SMGP juga memastikan bahwa kondisi pengukuran dari alat pendeteksi gas (fixed gas detector) menunjukkan tidak ada H2S atau nol. Serta tidak ada satu pun alarm H2S yang aktif,” tandasnya.

Sementara itu Kapolsek Kotanopan AKP Budi Sihombing dalam laporan menuturkan, hingga pukul 23.00 WIB, situasi di Sibanggor Julu mereka nyatakan aman dan kondusif.

Warga yang sempat panik sudah mulai pulang ke rumah masing-masing. “Warga sudah pulang ke rumah. Dan situasi aman terkendali,” katanya.

Ini daftar nama-nama delapan warga yang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami mual, muntah, dan tak sadarkan diri yang diduga akibat terpapar H2S di RSUD Panyabungan yakni Alpin Husein (9), Yusri Isa Mahendra (20), Parwis (40) dan Nurhabibah (62).

Dan di Rumah Sakit Permata Madina yakni Humaidi Nasution (25), Nazaruddin Tanjung (65), Hasmar Husein Nasution (35) dan Sangkot Masripa Nasution (48).

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment