Wabup Asahan Hadiri Rakor Percepatan Penurunan Stunting Provsu

Wabup Asahan Hadiri Rakor Percepatan Penurunan Stunting Provsu

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos M.Si hadiri rapat koordinasi dan konsolidasi percepatan penurunan stunting Provinsi Sumatera Utara di Grand City Hall Medan, Senin (19/9/2022).

Turut hadir Wakil Gubernur Sunatera Utara Musa Rajekshah, Kepala BKKBN Provsu M Irzal SE juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) se-Provinsi Sumatera Utara.

Wagubsu dalam sambutannya  menyampaikan kegiatan ini untuk memantau capaian pelaksanaan intervensi percepatan penurunan stunting di Provsu. Dalam menyukseskan penurunan stunting, kolaborasi adalah kunci.

Berharap dukungan dari semua TPPS se Provsu dan lintas sektoral untuk dapat secara optimal melakukan pemutakhiran data keluarga berisiko stunting.

Sementara Taufik usai mengikuti acara menyampaikan bahwa dalam penanganan stunting, aspek penting yang harus mereka perhatikan adalah pelayanan dasar seperti sektor pendidikan dan kesehatan. Karena stunting terkait dengan kualitas SDM dan aspek ekonomi yang perlu meningkat.

Salah satu faktor penyebab stunting adalah  kasus kekurangan gizi. Peran orang tua dalam memberi asupan gizi kepada anak sangat penting. Edukasi Pemerintah Daerah, baik Dinas Kesehatan, Bappeda DPMD dan juga Camat harus terus dilakukan.

“Kita berharap penangan stunting dapat dilakukan secara maksimal dengan  bersinergi dan berkolaborasi antara OPD. Agar pro aktif bersama tenaga kesehatan di tingkat Desa dan Kecamatan serta kader PKK, Posyandu, KB. Dalam menghimpun, memverifikasi, menginput data stunting yang ada di wilayah masing masing,” kata Taufik.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment