Penyaluran KUR Lebih Dari 90%, Kemenko Tambah Kuota KUR Bank Sumut Rp200 Miliar

Penyaluran KUR Lebih Dari 90%, Kemenko Tambah Kuota Rp200 Miliar

topmetro.news –  Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian menambah kuota penyaluran KUR PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) sebesar Rp200 Miliar dari yang semula Rp1 Trilun untuk tahun 2022 menjadi Rp1,2 Triliun.

Penambahan kuota tersebut sejalan dengan penyaluran KUR Bank Sumut yang telah mencapai lebih dari 90%. Atau sebesar Rp921 Miliar per 10 Oktober 2022 ini.

Demikian siaran pers Bank Sumut yang topmetro.news terima pada Kamis (13/10/2022).

Dalam eksposnya, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menjelaskan penyaluran KUR Bank Sumut tersebut telah menyasar kepada 7.163 debitur.

Adapun total plafond penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga akhir September 2022 mencapai Rp4,3triliun. Posisi ini naik 46% persen daripada periode yang sama pada September 2021 sebesar Rp2,9 triliun.

Komposisi outstanding Pinjaman KUR Posisi September 2022 terdiri dari Rp.1.017 miliar. Digunakan untuk tujuan modal kerja dan selebihnya sebesar Rp 689 miliar untuk tujuan investasi.

“Ke depan, kami akan fokus untuk tetap memberikan fasilitas KUR dalam rangka untuk memberdayakan UMKM. Sebagaimana diketahui, pelaku usaha tersebut selama ini telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” ungkap Direktur Utama Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan. Rahmat berkomitmen tak hanya kepada pelaku usaha skala besar, Bank Sumut juga turut mendukung pelaku UMKM bisa kembali bangkit melalui pemberian fasilitas KUR.

Jenis kredit ini sangat di butuhkan oleh pelaku usaha kecil dan mikro agar tetap mampu bertahan menghadapi dampak pandemi.

penulis:  Erris

Related posts

Leave a Comment