Stress Karna Susah Tidur! Berikut Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kurang Tidur

Stress Karna Susah Tidur! Berikut Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kurang Tidur

topmetro.news – Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kurang Tidur, Tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting bagi makhluk hidup. Tidur yang cukup akan membantu Anda menghabiskan hari dengan produktif dan nyaman. Di sisi lain, orang yang kurang tidur biasanya merasa lelah, kurang energi, sulit berkonsentrasi, dan tentu saja merasa tidak nyaman secara fisik.

Contoh: jam kerja yang panjang, begadang menonton pertandingan sepak bola, insomnia. Berhati-hatilah jika Anda mengalami kurang tidur. Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

Cara Mengatasi Kurang Tidur

Kurang tidur tentu membuat kita kurang produktif dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi kurang tidur yang bisa Anda lakukan sendiri adalah:

Mengurangi Stres

Stres pada orang sering menyebabkan banyak masalah kesehatan. Stres juga dapat mengganggu pola tidur seseorang. Merasa cemas dan cemas adalah hal yang wajar, namun ada baiknya untuk menguranginya agar tidak mengganggu tidur Anda. Selain berendam di air hangat, ada cara lain untuk menghilangkan stres, seperti meditasi dan olahraga.

Atur waktu tidur yang cukup

Tidur yang sehat berarti cukup tidur. Seseorang membutuhkan setidaknya 7-9 jam tidur per hari. Anda juga harus merencanakan waktu tidur Anda sehingga Anda dapat pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari dan bangun pada waktu yang sama. Atau bisa jadi Anda bisa langsung tertidur begitu Anda merasa mengantuk.

Hindari Kafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan soda, memang memiliki efek tidur pada tubuh. Hindari mengkonsumsi minuman jenis ini pada sore atau malam hari sebelum tidur, karena dapat mengganggu tidur. Begitu pula dengan minuman beralkohol, yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan dan pola tidur.

Latihan Olahraga Rutin

Olahraga yang dimaksud bukanlah olahraga yang mahal atau sulit. Lakukan latihan teratur, seperti latihan lantai dan gerakan sederhana, selama sekitar satu jam setiap hari. Ini dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat, tetapi hindari berolahraga sebelum tidur karena dapat menyebabkan insomnia.

Ciptakan Posisi Tidur yang Paling Nyaman

Dalam hal tidur, Anda disarankan untuk mengambil posisi senyaman mungkin untuk tidur malam yang nyenyak. Selain itu, dekorasi dan suasana ruangan juga harus diubah untuk pengalaman tidur yang paling nyaman.

Penulis | Fatih

Related posts

Leave a Comment