Pemkab Samosir Peringati Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022

Pemkab Samosir menggelar Upacara Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 di Tanah Lapang Pangururan, Kabupaten Samosir, Kamis (10/11/2022), dengan Inspektur Upacara Kapolres AKBP Josua Tampubolon S MH.

topmetro.news – Pemkab Samosir menggelar Upacara Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 di Tanah Lapang Pangururan, Kabupaten Samosir, Kamis (10/11/2022), dengan Inspektur Upacara Kapolres AKBP Josua Tampubolon SH MH.

Hadir unsur Forkopimda, Pj Sekda Drs Waston Simbolom MM, mewakili Kajari Samosir Kasi Intel Tulus Tampubolon, Kasdim 0210/TU Mayor Arh AS Butarbutar, pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, beserta sejumlah PJU Polres Samosir. Hadir juga ASN lingkungan Pemkab Samosir, personil Polres Samosir dan Koramil Pangururan, serta ormas.

Sebelumnya, Kapolres Samosir dengan unsur Forkopimda dan pimpinan OPD melakukan apel kehormatan dan tabur bunga di Makam Pahlawan Sidamdam, Desa Rianiate, Kecamatan Pangururan.

Mensos Tri Rismaharini dalam sambutan yang dibacakan Kapolres Samosir menyampaikan, Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Merdeka atau mati. Para pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara–tentara musuh yang bersenjata lengkap. Tidak akan mau menyerah pada siapa pun juga. Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita,” ujar Mensos.

“Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk Pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya. harus senantiasa kita perjuangkan secara bersama dengan kesungguhan,” lanjut Menteri.

Energi Baru

Untuk itu, Mensos mengajak seluruh elemen bangsa harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal. Ini sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air agar dapat menopang keberlangsungan hidup generasi kini dan mendatang. “Tidak mudah memang. Tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Mensos Tri Rismaharini, mengajak seluruh anak bangsa menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Saling menghargai satu sama lain. “Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan,” tegas Tri Rismaharini.

Dalam rangkaian Hari Pahlawan ke-77 ini, Kapolres Samosir memberikan piagam penghargaan kepada atlet-atlet berprestasi pada ajang Porpropvsu 2022 lalu. Di antaranya, dari cabang Muaythai meraih 2 medali emas atas nama Senia Sinaga dan Morina Sulastri. Kemudian 1 perunggu atas nama Gabriel Sihaloho. Dari Wushu, 2 medali perunggu atas nama Klinton Sidabutar dan Cathy Vicensia Sirait. Serta Pencak Silat 1 medali perunggu atas nama Humuntal Sitanggang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment