Jokowi Abaikan Moment Ulang Tahun Nasdem, Sedikit Pun tak Dilirik

Ulang Tahun NasDem

TOPMETRO.NEWS — Ulang Tahun NasDem yang digelar Jumat (11/11/2022) terbilang sepi. Tak seperti ultah parpol lain, yang biasanya dihadiri Presiden Jokowi. Di moment ultah partai besutan Surya Paloh ini, tidak ada sama sekali pesan ucapan selamat dari Joko Widodo untuk Ultah Nasdem. Jokowi terkesan mengabaikan begitu saja ulang tahun (ultah) Nasdem itu.

Ketidakhadiran Joko Widodo saat Partai Nasdem ulang tahun tentu menimbulkan spekulasi adanya keretakan hubungan diantara mereka.

Menurut M Jamiluddin Ritonga, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul biasanya Jokowi akan mengirimkan pesan melalui video atau dengan cara lain bila tidak sempat menghadiri ulang tahun partai pendukung pemerintah.

Namun begitu, kasus Partai Nasdem, Jokowi tidak ada memberi kabar apa pun kepada Nasdem, khususnya Surya Paloh.

“Jokowi terkesan mengabaikan begitu saja ulang tahun Nasdem,” kata Jamiludin, Jumat (11/11/2022).

Analisa Jamiludin, indikasi ke arah Jokowi mengabakan Nasdem memang sudah terlihat sejak Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Sejak itu praktis tidak ada lagi pertemuan antara Joko Widodo dengan Surya Paloh.

“Jadi, Jokowi memang terkesan kecewa atas tindakan Nasdem yang mendeklarasikan Anies sebagai capres. Jokowi tampak menjaga jarak dengan Nasdem,” jelas Jamiluddin.

Ada Kecewa pada NasDem

Lebih lanjut, mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini berpendapat, indikasi lain terlihat dengan pidato Jokowi saat menghadiri ulang tahun Golkar dan Perindo.

Di dua momen itu Jokowi menegaskan agar tidak salah memilih capres.

Bagi Jamiluddin, pesan Jokowi itu menggambarkan kekecewaannya kepada Nasdem.

Itu artinya, Jokowi secara tidak langsung menyindir Nasdem, tapi mengharapkan pada Golkar dan Perindo tidak mengikutinya.

“Jadi, ketidakhadiran Jokowi tampaknya sebagai bentuk kekecewaannya kepada Nasdem. Sinyal itu tampaknya sudah ditangkap Nasdem, khususnya Surya Paloh,” sebut dia.

BACA SELENGKAPNYA | Tiba-tiba NasDem Diminta Batalkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Ada Bahaya Besar!

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, membatalkan usung Capres Anies Baswedan? Begitulah saran pengamat politik Fernando yang menyarankan Partai NasDem untuk membatalkan niatnya mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.

Pasalnya, ada bahaya besar yang mengintai partai NasDem yang dinahkodai Surya Paloh itu jika benar-benar jadi mengusung Anies Baswedan.

asl!

Related posts

Leave a Comment