Bahaya di Balik Secangkir Kopi, yang Suka Ngopi Wajib Tahu!

Bahaya Dibalik Secangkir Kopi, Yang Suka Ngopi Wajib Tahu!

topmetro.news – Bahaya Dibalik Secangkir Kopi, Seberapa sering kamu mengkonsumsi kopi? 1 kali ,2 kali atau 3 kali dalam sehari. Mungkin pertanyaan diatas merupakan persentase atas jawaban yang sering kita dengar bukan.

Biasanya orang akan mengkonsumsi kopi dalam situasi tertentu dan mereka meyakini bahwa dengan meminum kopi membuat aktivitas jauh lebih fokus,terlebih mereka yang bekerja larut malam.

Itu sisi baiknya yang kita dapatkan dalam secangkir kopi yang dikonsumsi,lantas bagaimana dengan efek negatif dalam kopi tersebut,mari kita bahas .

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi kopi dalam sehari tidak boleh lebih dari 400 mg atau kurang lebih dua cangkir. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dikhawatirkan akan memicu beberapa masalah kesehatan seperti di bawah ini:

1. Gangguan pada kinerja

Bahaya kopi dapat timbul jika konsumsi kopi secara berlebihan, yaitu menyebabkan

1. Jantung berdetak kencang.

2. Menjadi tidak teratur.

3. Dan menyebabkan kejang.

Terlebih apabila kita mengkonsumsi kopi yang tidak disaring terlebih dahulu akan meningkat efek negatif yang jauh lebih parah lagi seperti

1. Risiko penyakit jantung.

karena meningkatkan homocysteine (salah satu jenis asam amino pembentuk protein) yang diduga berhubungan erat dengan terjadinya serangan jantung.

2. Meningkatnya lemak dalam darah.

3. Serta kolesterol.

2. Penyebab pada kesehatan tulang

Kopi yang masuk ke dalam tubuh dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Kondisi ini bisa menyebabkan osteoporosis dan melemahnya tulang. Jika kamu menderita osteoporosis, sebaiknya kurangi konsumsi kopi, maksimal konsumsi 300 mg per hari.

Usahakan untuk mengkonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Mempengaruhi kesehatan janin

Kopi masih tergolong aman jika konsumsinya dalam jumlah yang sedikit saat hamil. Namun jika mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, bahaya kopi dapat menghambat perkembangan bayi dan bisa menyebabkan keguguran. Kopi yang kamu  konsumsi akan masuk ke dalam aliran darah, kemudian masuk ke dalam plasenta.

Akibatnya, detak jantung bayi akan meningkat. Jika Anda berencana untuk hamil, sebaiknya kurangi konsumsi kafein karena dapat mengganggu produksi estrogen yang bisa membuat Anda sulit hamil.

4. Terganggunya kesehatan pencernaan

Lebih lanjut, Sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Kopi merupakan stimulan yang juga dapat meningkatkan metabolisme. Namun jika di konsumsi secara berlebihan, kopi bisa menyebabkan.

1. Diare.

2. Meningkatkan asam lambung.

3. Menyebabkan sindrom iritasi pada usus.

4. Dan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Selain beberapa bahaya kopi di atas, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sekitar 600 mg per hari dapat memicu.

1. Insomnia.

2. Mudah emosi.

3. Gelisah.

4. Gugup.

4. Dan lemah otot.

Bahaya kopi pada masing-masing orang sebenarnya berbeda, karena metabolisme kafein setiap orang berbeda. Berbagai faktor yang mempengaruhi, termasuk gaya hidup dan karakteristik genetik masing-masing.

Kopi memang nikmat di minum dalam kondisi apapun, terutama saat udara dingin atau saat sedang ngantuk. Namun, ingatlah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cukup dua gelas dalam sehari untuk meminimalkan risiko efek samping yang muncul dari bahaya kopi.

Penulis | Uca

Related posts

Leave a Comment