Peringatan HKN, Pemkab Sergai Gelar Rangkaian Kegiatan Sosial dan Kesehatan Masyarakat

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Pemkab Sergai diperingati dengan melaksanakan pengobatan umum dan gigi, sunat massal, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), dan donor darah.
Advertisement

topmetro.news – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Pemkab Sergai diperingati dengan melaksanakan pengobatan umum dan gigi, sunat massal, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), dan donor darah.

Rangkaian kegiatan berlangsung di Puskesmas Teluk Mengkudu Kecamatan Teluk Mengkudu, Rabu (16/11/2022).

Tampak hadir, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi. Kemudian, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia dr Bulan Simanungkalit MKes, Kadis Kesehatan Selamet Hartono SKM MKM. Lalu, Camat Teluk Mengkudu Dra Sri Rahayu, para kepala puskesmas, serta masyarakat Teluk Mengkudu.

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang hadir dalam momen itu menyampaikan, kesehatan menjadi hal utama bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas apa saja. Untuk mendukung hal tersebut, Bupati menyebut perlu pula peran serta para tenaga kesehatan.

“Tahun lalu kita mesti menghadapi Pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat luar biasa. Pandemi ini memakan banyak korban, terutama mereka yang lansia. Di masa yang sudah berangsur-angsur terkendali seperti sekarang, perlu untuk meminimalisir kerentanan kesehatan warga lewat kontrol yang rutin di sentra kesehatan masyarakat seperti puskesmas,” terang Bang Wiwik.

Ia menambahkan agar para kapus dan tenaga kesehatan bekerja maksimal dalam melayani masyarakat.

Sedangkan dalam laporannya, Kadis Kesehatan Sergai Selamat Hartono SKM MKM menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan sesuai dengan tema untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perduli dengan kesehatannya sendiri.

Pihaknya juga berkomitmen untuk selalu meningkatkan akses pelayanan sekaligus proses pelayanannya yang baik kepada masyarakat.

Ia melanjutkan, di kesempatan itu berlangsung pemberian tali asih kepada 10 kepala keluarga. Kemudian, pelaksanaan sunat massal sebanyak 50 orang. Lalu ada pemeriksaan ibu hamil sebanyak 50 orang. Serta donor darah dengan peserta 50 orang.

“Pada acara ini juga akan diberikan reward kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja dengan baik. Ini merupakan bentuk motivasi untuk konsisten menjaga performa kerja,” tutupnya.

penulis | Erris JN

Advertisement

Related posts

Leave a Comment