Teken MoU, Pemkab Samosir Perpanjang Kerjasama dengan Unimed.

Pemkab Samosir memperpanjang kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) terkait kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
Advertisement

topmetro.news – Pemkab Samosir memperpanjang kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) terkait kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber dama Manusia. Penandatangan MoU oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST dan Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (21/11/2022), menandai perpanjangan kerjasama yang sudah mulai sejak tahun 2016 lalu ini.

Turut menyaksikan penandatanganan sejumlah pejabat. Di antaranya Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, Wakil Rektor II Prof Dr Martina Restuati MPd, Wakil Rektor III Prof Dr Sahat Siagian MPd, Wakil Rektor IV Prof Manihar Situmorang MSc PhD, Asisten I Sekdakab Samosir Drs Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang ST MM, dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Pada kesempatan tersebut juga berlangsung penyerahan sebanyak 192 peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari Unimed ke Pemkab Samosir. Mahasiswa ini akan ditempatkan di 15 Desa Wisata di Kabupaten Samosir selama seminggu ke depan.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan kegiatan penandatanganan dan penerimaan mahasiswa program PMM. Dengan penandatanganan perpanjangan kerjasama ini, maka Unimed akan mengimplementasikan di semua bidang yang relevan dengan universitas dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah salah satu program Kemendikbud Ristek. Ini merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester. Dan akan mengajak para mahasiswa, untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS.

Dengan mengikuti program PMM, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor dan mempelajari keberagaman Budaya Nusantara. Mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa. Mendapat kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

“Melalui PMM ini, saya juga berharap adik-adik mahasiswa ini akan menjadi duta promosi pariwisata yang baik bagi Kabupaten Samosir, setelah selesai nantinya,” ujarnya.

Desa Mandiri

Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir. Ia menyampaikan terima kasih sekaligus menyambut baik dan mendukung program ini. Karena akan memberi dampak yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, yakni Kabupaten Samosir dan juga mahasiswa peserta PMM.

“Harapan kami para mahasiswa ini akan mengaplikasikan ilmunya di lokasi desa yang dikunjungi. Sehingga ke depan akan ada kemandirian desa dalam hal peningkatan pembangunan kearah yang lebih baik,” katanya.

Bupati Samosir juga berharap kerjasama dengan Unimed kedepan dapat semakin meningkat ke depan. Termasuk di berbagai bidang dalam mendukung pencapaian Visi Kabupaten Samosir. Menurutnya, pembangunan akan semakin cepat telaksana apabila ada kerjasama yang baik dengan akademisi-akademisi handal.

sumber | RELIS

Advertisement

Related posts

Leave a Comment