Peringatan Hari Guru ke-77, Bupati dan Ketua DPRD Madina Tapak Tilas ke Sekolah Mereka

Memanfaatkan momen Peringatan Hari Guru ke-77, Jumat (25/11/2022), Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Ja'far Sukhairi Nasution bersama Ketua DPRD Kabupaten Madina Erwin Efendi Lubis SH melakukan tapak tilas dengan mengunjungi sekolah-sekolah mereka sewaktu masih menjadi pelajar.
Advertisement

topmetro.news – Memanfaatkan momen Peringatan Hari Guru ke-77, Jumat (25/11/2022), Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Ja’far Sukhairi Nasution bersama Ketua DPRD Kabupaten Madina Erwin Efendi Lubis SH melakukan tapak tilas dengan mengunjungi sekolah-sekolah mereka sewaktu masih menjadi pelajar.

Dalam rombongan tapak tilas itu, terlihat turut serta mendampingi, Kapolres Mandailing Natal AKBP HM Reza Chairul AS SIK SH MH, Kadis Pendidikan Dollar Hafrianto, Kadis Pora Rahmat Hidayat SPd, dan Kadis Ketahanan Pangan Taufik Zulhendra Ritonga.

Gunung Tua

Pantauan topmetro.news, rombongan pertama sekali mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Gunung Tua Ipar Bondar Kecamatan Panyabungan. Di mana, SD inilah Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis SH menuntut ilmu pada jenjang sekolah dasar.

Saat berada di SD Muhammadiyah, Erwin Efendi Lubis menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru-Guru yang telah banyak berjasa mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa.

Dan sebagai bentuk kasih sayang kepada guru di SD tersebut, Ketua DPRD Madina menyerahkan karangan bunga kepada Kepala SD Muhammadiyah Gunung Tua Ipar Bondar.

Usai dari SD Muhammadiyah Gunung Tua, rombongan kemudian mengunjungi SD Negeri 06 Panyabungan. Di mana, di SD inilah Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution tercatat sebagai murid menuntut ilmu selama enam tahun.

Hal senada juga disampaikan Bupati Madina. Untaian kata terima kasih serta rasa yang tak terucapkan ua ungkapkan di sana. Sebab, dari SD inilah awal pertama orang nomor 1 di Kabupaten Madina itu memperoleh ilmu. Dan berkat jasa para guru di SD itu, mereka menjadi orang-orang terdidik dan terpelajar.

Lalu rombongan melanjutkan ke SMP Negeri 2 Panyabungan. Di mana di SMP inilah, HM Jafar Sukhairi Nasution mulai mendapat pelajaran di masa menginjak remaja.

Di SMP Negeri 2 Panyabungan Bupati Madina sempat bernostalgia dan berjumpa dengan guru Bahasa Inggrisnya, yaitu Bu Guru Siti Fatimah. Dan ternyata, Bu Siti Fatimah kini menjabat sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 2 Panyabungan tersebut.

“Saya merupakan murid Ibu Guru Siti Fatimah. Dulu mengajar Bahasa Inggiris. Dari ibu guru ini saya tahu arti ‘i love you’. Maka sekarang saya berikan karangan bunga sebagai bentuk kecintaan dan kasih sayang kepada guru-guru yang telah mendidik kami hingga menjadi seperti saat ini,” kenangnya.

Teman SMA

Kedekatan antara Ketua DPRD Madina Erwin Lubis dan Bupati Madina HM Ja’far Sukhiri Nasution sudah terjalin dari masa muda saat sama-sama menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Panyabungan. Dan pada peringatan Hari Guru Nasional ini kedua pemimpin di Kabupaten Madina itu sepakat untuk berkunjung bersama ke SMA Negeri 1 Panyabungan.

Di SMA Negeri 1 Panyabungan, HM Ja’far Sukhiri Nasution menyampaikan bahwa dua pemimpin di Kabupaten Madina, yaitu bupati dan Ketua DPRD adalah alumni SMA Negeri 1 Panyabungan. Bukan itu saja, masih banyak tokoh-tokoh yang terlahir dari SMA Negeri 1 Panyabungan. Dan itu semua berkat kegigihan guru-guru dalam mendidik generasi bangsa.

Di kesempatan itu, Erwin Efendi Lubis juga turut menyampaikan, bahwa apa yang ia capai saat ini merupakan hasil dari motivasi dan dorongan dari guru-gurunya di SMA Negeri 1 Panyabungan. Serta yang berkesan adalah, motivasi dari Bu Sianturi yang pada saat itu merupakan guru bimbingan dan penyuluh (BP).

“Beliau pernah mengingatkan saya karena ke sekolah mengenakan sepatu yang robek dan celana juga sobek-sobek. ‘Apa tidak ada yang lain lagi sepatu dan celanamu, masak cuma ini saja?’. Dari motivasi yang diberikan itulah menjadi penyemangat bagi saya,” kenang Erwin meniru kalimat Bu Sianturi saat itu

Pada kesempatan itu, kedua tokoh yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Panyabungan tersebut menyampaikan pesan kepada siswa agar tetap giat belajar dan patuh kepada orangtua serta guru-guru. Dan ke depan akan terlahir lagi generasi-generasi pemimpin bangsa dari SMA Negeri 1 Panyabungan.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Advertisement

Related posts

Leave a Comment