Portugal Berhasil Membungkam Ghana Dengan Dramastis

Timnas Portugal Berhasil Membungkam Timnas Ghana Dengan Dramastis
Advertisement

topmetro.news – Piala dunia Qatar pada hari kamis 24/11/22 mempertemukan Timnas Portugal dengan Timnas Ghana. Pertandingan ini menjadi pertandingan pertama di grup H yang diselenggarakan di Stadium 947. Skor akhir pada pertandingan ini yakni 3-2, dimana Timnas Portugal berhasil membungkam Timnas Ghana dengan dramastis. Kemenangan ini membuat torehan yang cukup bagus bagi Timnas Portugal untuk membuka jalannya piala dunia 2022.

Sejak berawalnya pertandingan, kedua timnas baik Portugal maupun Ghana saling jual beli serangan, sehingga membuat tensi pertandingan menjadi tinggi. Peluang pertama CR7 didapat pada menit ke-10, dimana peluang tersebut berawal dari kesalahan pemain Ghana yang melakukan salah umpan yang membuat bola dikuasai oleh Bernardo. Pemain Portugal tidak mau menyia-nyiakan peluang, alhasil bernardo langsung mengirim umpan terobosan ke CR7 yang berlari memasuki kawasan pinalti. Namun sentuhan pertama dari Ronaldo  gagal dimaksimalkan menjadi gol dan bola berhasil dihadang oleh Lawrance Ati-Zigi Kiper Timnas Ghana.

Tidak berselang lama, kembali CR7 mendapat peluang yang cukup bagus, kali ini Ronaldo mendapat umpan lambung dari rekan setimnya yaitu Raphael Guerreiro kemudian bola sempat disundul oleh Ronaldo, namun sayang sundulannya masih melebar dari gawang Timnas Ghana.

Jalannya babak pertama, dapat dikatakan Timnas Portugal berhasil menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-31 Timnas Portugal sempat membobol gawang Ghana melalui tendangan dari Ronaldo yang mendapat umpan terobosan dari Joao Felix. Namun gol terebut dianulir oleh wasit, pasalnya terjadi adanya pelanggaran terlebih dahulu.

Meski Timnas portugal menguasai jalannya pertandingan, namun beberapa peluang yang dihasilkan tidak dapat dikonversi menjadi gol. Hal tersebut dikarenakan Timnas Ghana memiliki pertahanan yang cukup bagus.  sehingga membuat skor 0-0 bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Terus Menggempur

Sejak mulainya babak kedua, pasukan CR7 langsung menggempur pertahanan Ghana tanpa henti, namun sesekali Timnas Ghana juga memberi perlawanan. Satu peluang yang cukup bagus didapatkan oleh striker Ghana pada menit ke-55 oleh Mohammed Kudus yang mendapat bola di pertahanan Portugal.

Kebuntuan Portugal pecah ketika memasuki menit 65, saat itu Timnas Portugal mendapat hadiah pinalti setelah Ronaldo dijatuhkan di kotak pinalti oleh Mohammed Salisu. Ronaldo yang mengambil tendangan pinalti berhasil dengan mudah menaklukkan kiper Ghana, dengan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang dari Ati-Zigi.

Keunggulan timnas Portugal tidak bertahan lama, disebabkan pada menit 73 Timnas Ghana mampu menyamakan kedudukan. Setelah Andrew Ayew berhasil menyontek bola yang dikirim oleh Mohammed Kudus dan berhasil dikonversi menjadi gol ke gawang Portugal.

Kedudukan 1-1 tidak bertahan lama, pasalnya pada menit ke-80  Joao Felix berhasil mencungkil bola yang tidak dapat dihadang oleh Ati-Ziki kiper Timnas Ghana. Goal yang dihasilkan oleh Felix membuat Timnas Portugal memimpin dengan skor 2-1

Tidak puas dengan skor 2-1 membuat Timnas Portugal terus menggempur pertahanan Ghana. Serangan Timnas Portugal mampu membuahkan hasil di menit 80 setelah Leao berhasil menyuntik bola ke sudut yang cukup jauh dari gawan Ati-Zigi dan menambah goal dari timnas Portugal dengan skor 3-1.

Dengan keunggulan tersebut membuat pertahanan Timnas Portugal sedikit lengah. Kondisi tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh striker nya yaitu Osman Gukari. Memasuki menit ke-88 Osman Bukari mendapat umpan silang dari sisi kiri. Ditambah ia lepas dari kawalan Guerreiro sehingga dengan mudah Osman menanduk bola dan berhasil membuahkan gol, serta memperkecil kekalahan menjadi 3-2.

Keunggulan Timnas Portugal ini berhasil dipertahankan hingga berakhirnya pertandingan. Kemengangan dramastis yang diraih Portugal ini mengantarkan ia memuncaki klasemen sementara di Grup H dengan  mengoleksi 3 poin.

Penulis | Rifat

Advertisement

Related posts

Leave a Comment