Dinilai Pemecah Belah, Jurnalis Samosir Persoalkan Undangan Vandiko Timotius Gultom

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dinilai memiliki pemahaman yang dangkal tentang keberadaan media massa, sebagai mitra pemerintah.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dinilai memiliki pemahaman yang dangkal tentang keberadaan media massa, sebagai mitra pemerintah.

Hal itu dibuktikan dengan tindakan Bupati Samosir yang menandatangani undangan kepada media.

“Ada beredar undangan Bupati Samosir hanya untuk dua media,” sebut Pj Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Hotman Siagian, kepada wartawan Jumat (25/11/2022), di Pangururan.

Ia menegaskan, Bupati Samosir Vandiko Timotius perlu belajar tentang regulasi tentang media yang terverifikasi atau legalitas perusahaan dan kompetensi wartawan.

Undangan yang ditandatangani Bupati Samosir itu, menuai kontroversi dari kalangan jurnalis. “Tak paham Bupati Vandiko Timotius Gultom ini dengan regulasi pers,” imbuhnya.

Selanjutnya ia menegaskan, agar Dinas Kominfo Kabupaten Samosir lebih proaktif. “Sebagai mitra jurnalis pemerintah yang ‘leading’ sektornya di Dinas Kominfo, kadisnya harus lebih bijaksana,” pungkas Hotman.

Ia juga menegaskan, agar persoalan ini tidak berkepanjangan, Bupati Samosir harus memberikan penjelasan resmi. “Ini harus dijelaskan secara transparan, ada apa dengan kejadian ini?” kata dia serius.

Di sisi lain, anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bona Pasogit Robin Nainggolan menyerukan, agar jurnalis di Samosir bersatu melawan ketidakadilan kepada pelaku media.

“Kita harus serius dalam hal ini, tindakan Bupati Samosir itu sudah mengkotak-kotak para pelaku media,” ujarnya.

Menurutnya, tindakan itu akan memecah belah komunitas pers yang bertugas di Kabupaten Samosir. “Kita harus klarifikasi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom,” imbuhnya.

Untuk diketahui, beredar undangan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom untuk mengadakan rapat pada Senin (28/11/2022), terkait persiapan Nataru. Pada poin 21 dan 22, ada disebut Pimpinan Umum Green Berita Media dan Redaksi Samosir Tivi.

Yang paling aneh, kata mereka, Samosir TV bukan sebuah media perusahaan pers semacam stasiun televisi. Itu hanya sebuah akun media sosial. Tepatnya, akun YouTube yang bisa dibuat oleh siapa saja.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment