Kalah Adu Pinalti dari Kroasia, Jepang Harus Tersingkir Pada Piala Dunia 2022

Kalah Adu Pinalti dari Kroasia, Jepang Harus Tersingkir Pada Piala Dunia 2022
Advertisement

topmetro.news – Lanjutan piala dunia 2022 mempertemukan Timnas Jepang menghadapi Timnas Kroasia di babak 16 besar. Pertandingan kedua kesebelasan ini berlangsung pada hari Senin 5/12/22 pukul 22.00 WIB di Al Janoub Stadium. Partai 16 besar ini berjalan sangat ketat, pasalnya kedua kesebelasan ini harus melewati adu pinalti untuk menentukan siapa pemenangnya. Alhasil Jepang kalah adu pinalti dari Kroasia, hasil ini membuat Jepang harus mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan ini terbilang Jepang sangat tidak dijagokan, dan diprediksi akan kalah dengan mudah, pasalnya Timnas Kroasia memiliki komponen pemain yang jauh lebih baik dari Jepang. Namun prediksi tersebut salah besar, meski kalah dari Kroasia, Jepang mampu mengimbangi dan memberi perlawanan cukup ketat untuk Kroasia.

Dari menit awal pertandingan, Jepang langsung tampil agresif dan mencoba menggebrak jantung pertahanan Kroasia. Namun pada menit ke-8 justru Kroasia yang mendapa peluang melalui tendangan yang dilesatkan Perisic, masih beruntung tendangan tersebut masih lemah dan dengan mudahnya bisa digagalkan oleh Shuici Gonda, Kiper Jepang.

Selepas itu, kedua kesebelasan bermain lebih santai dan menurunkan ritme permainan. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk pola permainan yang cantik dan elegan, sehingga membuat bola hanya berputar-putar di lini tengah lapangan.

Gol Kedua Kesebelasan

Memasuki 5 menit terakhir penghujung babak pertama tepatnya pada menit ke-43, Jepang berhasil membobol gawang Kroasia melalui sepakan Daizen Maeda. Gol tersebut berawal dari umpan lambung dari Ritsu Doan, kemudian disundul oleh Maya Yoshida, sundulan tersebut mengarah ke Maeda. Tidak berfikir panjang Maeda langsung melesatkan tendangan kaki kanan yang cukup keras dan mengarah di sisi kanan gawang Kroasia, sehingga membuat bola bersarang dengan sempurna.

Keunggulan 1-0 untuk Jepang ini bertahan hingga berakhirnya laga babak pertama. Dengan situasi tertinggal membuat kesebelasan Kroasia kembali meningkatkan intensitas permainan. Terbukti, pertandingan baru berjalan 10 menit di babak kedua, Kroasia mampu melesatkan gol penyeimbang melalui tandukan Perisic.

Gol Kroasia tersebut bermula dari umpan lambung yang dikirim Dejan Lovren dari sisi kanan. Kemudian umpan lambung tersebut mampu disambar oleh Perisic melalui yang meluncur dengan sempurna dan mengarah di sisi kanan gawang Jepang.

Dengan skor 1-1 membuat kedua tim kembali memanas, serangan demi serangan kembali disusun guna memenangkan laga ini dan mengunci satu tiket menuju babak perempat final piala duia 2022. Namun sayangnya hingga berakhirnya babak kedua tidak ada tambahan gol dari kedua tim. Sehingga mengharuskan pertandingan ini dilanjutkan dengan babak extra time dua kali 15 menit.

Namun  hingga berakhirnya babak extra time tidak ada satu gol pun yang berhasil dicetak, sehingga terpaksa pertandingan ini dilanjutkan dengan adu pinalti. Pada adu pinalti ini nasib naas dialami oleh Jepang, pasalnya pemain Negeri Sakura itu hanya mampu membobol 1 gol ke gawang yang dikawal oleh Dominik Livakovic. Sementara Kroasia mampu melesatkan 3 tendangan dengan sempurna ke gawang Jepang. Hasil akhir pada pertandingan ini Kroasia menang 3-1 melalui adu pinalti.

Penulis | Rifat

Advertisement

Related posts

Leave a Comment