Pemkab Madina Hadiri Rakor Penurunan Angka Stunting di Medan

Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

topmetro.news – Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan dengan peserta dari 33 kabupaten dan kota ini berlangsung di Medan, Selasa (6/12//2022). Atika Azmi hadir bersama Kadis Kesehatan Madina dr Faisal dan Kadis KB dan Pengendalian Penduduk Madina Efi Muta’am.

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh bupati/walikota se-Sumut tersebut kembali dibahas upaya pencapaian target penurunan stunting di Sumut hingga 14 persen pada 2024.

“Dan untuk mencapai target itu, perlu kolaborasi dan sinergitas berbagai stakeholder,” demikian penjelasan Kadis Kominfo Madina Martua Batubara kepada topmetro.news, Rabu (7/12/2022).

Martua juga menjelaskan, bahwa dalam rapat itu juga ada paparan hasil evaluasi penurunan stunting di 33 kabupaten dan kota, hingga triwulan II tahun 2022.

“Evaluasi ini penting guna pelaksanaan langkah-langkah ke depan yang lebih konprehensif. Dengan melakukan aksi-aksi yang telah ditetapkan dalam rangka penurunan angka stunting,” ujarnya.

Target pencapaian penurunan stunting di setiap kabupaten dan kota berbeda. Karena karakteristik dan kemampuan daerahnya juga berbeda. Untuk Madina, harapanya tahun ini, angka stunting turun dari tahun sebelumnya.

“Untuk menurunkan angka stunting di kabupaten ini, Pemkab Madina telah membentuk tim pada April 2022. Berdasarkan data BKKBN Sumut, Madina masuk kategori kabupaten mengkhawatirkan di Sumut dalam penanganan masalah stunting. Karena angka stunting di kabupaten ini tergolong tinggi,” tandasnya.

Dan tambahnya, untuk Sumut, berdasarkan data pada Agustus 2022 lalu, jumlah balita stunting di provinsi ini tercatat 347.437 orang.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment