Jegal Belanda, Argentina Lolos Ke Babak Semifinal Piala Dunia 2022

Jegal Belanda, Argentina Lolos Ke Babak Semifinal Piala Dunia 2022

topmetro.news – Lanjutan Piala Dunia 2022 Argentina berhasil lolos ke babak semifinal usai jegal Belanda melalui drama adu pinalti. Persaingan panas kedua timnas ini berlangsung pada hari Sabtu, 10/12/22 pukul 02.00 WIB yang diselenggarakan di Lusail Stadium. Pertemuan kedua kesebelasan ini sudah diprediksi bakal berjalan dengan sengit, pasalnya masing-masing timnas dihuni oleh pemain-pemain top dunia.

Sejak awal menit babak pertama kedua kesebelasan mencoba untuk membentuk pola permainan melalui umpan-umpan pendek, dan perpindahan bola yang cukup cepat. Hal ini bertujuan untuk mencari celah dari lini pertahanan musuh. Terbukti padaa menit ke-22 Messi mendapat peluang pertamanya dengan melepaskan tembakan jarak jauh dari kotak pinalti, namun sayang tendangannya masih melebar jauh dari gawang Belanda.

Serangan yang dibangun oleh pemain Argentina baru membuahkan hasil di menit 35, dimana Nahuel Molina mampu membobol gawang Belanda. Gol Argentina ini tercipta kala Molina lepas dari kawalan pemain belakang kemudian Lionel Messi mengirim umpan terobosan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Molina, Gol 1-0 untuk keunggulan Argentina. Gol dari Molina ini menjadi gol satu-satunya yang tercipta di laga 45 menit pertama pada pertandingan ini.

Babak Kedua Pertandingan

Berjalannya babak kedua, Argentina masih mendominasi jalannya pertandingan dengan tensi permainan yang sama di babak pertama. Disisi lain Belanda juga berusaha keluar dari tekanan para pemain Argentina. Namun nasib malang dialami oleh Belanda, pasalnya Argentina justru mendapat hadiah pinalti setelah Denzel Dumfries melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu membuat Andries Noppert (Kiper Belanda) mati langkah. Dengan situasi tertinggal 2-0 dari Argentina, situasi ini membuat kesebelasan Belanda harus lebih keras lagi dalam menyusun serangan. Usaha para pemain Belanda baru membuahkan hasil di menit 83, dimana Wout Weghorst mencetak gol melalui tandukannya setelah ia menerima umpan lambung dari Steven Berghuis.

Dua menit setelah gol pertamanya Belanda, Luuk De Jong hampir membuat kedudukan menjadi sama. Peluang ini tercipta dimana De Jong berhasil melesatkan tendangan kerasnya dengan kaki bagian luar. Namun sayangnya upaya Dejong masih melebar di sisi samping gawang Argentina dan hanya mengenai jaring bagian luar saja.

Memasuki penghujung laga, Weghorst mampu menciptakan gol keduanya untuk Belanda, sehingga gol ini mampu menyamakan kedudukan atas Argentina. Gol penyelamat dari Weghorst ini memaksa kedua kesebelasan harus melanjutkan pertandingan 2×15 menit. Namun hingga berakhirnya dua babak extra time kedua kesebelasan tidak mampu mencetak satu gol pun, dan memaksa pertandingan panas ini harus diselesaikan melalui tendngan pinalti.

Momen adu pinalti ini menjadi momen yang sangat menegangkan bagi kedua kesebelasan. Namun nasib kurang baik dialami oleh Belanda, pasalnya dua pemain Belanda gagal dalam mengeksekusi pinalti, artinya Belanda hanya berhasil mencetak 3 gol. Sementara Argentina mampu membobol empat gol ke gawang Belanda, dan hanya satu pemain yang gagal dalam mengeksekusi pinalti. Sehingga kemenangan Argentina ini mengunci satu tiket semifinal pada Piala Dunia 2022.

Penulis | Rifat

Related posts

Leave a Comment