Hadiri Natal Pemkab Simalungun, Kapolres Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Hadiri Natal Pemkab Simalungun, Kapolres Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

topmetro.news – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH SIK MH menghadiri Ibadah dan Perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Simalungun Bersama FORKOPIMDA (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan masyarakat Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Gereja HKBP Tiga Dolok, Resor Tiga Dolok, Jalan Besar Parapat Km 17, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, pada Selasa (13/12/2022).

Dalam sambutannya Kapolres Simalungun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama. Juga menjadi tuan rumah yang ramah bagi seluruh masyarakat.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya pasti wilayah kita ini menjadi daerah yang akan dilalui, yang akan dikunjungi, oleh seluruh warga masyarakat. Baik yang akan merayakan natal dan tahun baru maupun yang akan berlibur. Marilah kita menjadi tuan rumah yang ramah bagi seluruh orang-orang yang akan melintas, yang akan pulang kampung, yang akan mudik ke tempat kita. Sehingga kesan-kesan yang positif bisa memberikan dampak positif bagi Kabupaten Simalungun ini,” ucap AKBP Ronald.

Lebih lanjut Kapolres menginformasikan bahwa Pihak Kepolisian akan melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Toba 2022.

“Pada tanggal 22 November 2022 sampai tanggal 3 Januari 2023 Operasi Kepolisian dengan Sandi Operasi Lilin Toba-2022 akan digelar. Tentu beberapa kegiatan yang akan kita kerjakan adalah fokus kepada pengamanan-pengamanan ibadah natal seluruh gereja yang ada di wilayah Kabupaten Simalungun.”

Pengamanan kepada masyarakat yang akan berlibur, yang akan pulang kampung juga akan menjadi prioritas pelaksanaan kegiatan. Tentu kami dari unsur pemerintah seperti teman-teman dari TNI-Polri, dari Sat Pol-PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan tentu tidak akan mampu menjalankan tugas tanpa adanya dukungan, bantuan dari masyarakat.

 

Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengajak dan mengimbau kepada kita semua. Minimal kita bisa memberikan peran yang positif. Agar nanti dalam pelaksanaan ibadah natal dan tahun baru, warga masyarakat yang akan pulang kampung senantiasa merasa aman dan damai. Serta nantinya kembali juga dalam keadaan aman dan damai. Yang paling penting adalah situasi di wilayah Kabupaten Simalungun ini dapat kondusif.

“Kami juga meminta kepada para hamba Tuhan, dan warga masyarakat supaya kami orang-orang yang saat ini berkesempatan duduk sebagai pelayan-pelayan masyarakat, Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, Pak Sekda, Pak Ketua Dewan, Pak Dandim dimampukan untuk bisa memberikan pelayanan kepada warga masyarakat,” ujarnya.

“Mungkin kami masih banyak kekurangan bapak/ibu sekalian. Tetapi kami percaya dengan kekurangan ini kami selalu mencoba untuk berbuat yang lebih baik kepada warga masyarakat. Saya atas nama Polres Simalungun menyampaikan selamat Hari Natal untuk kita semua. Semoga Kasih Tuhan damai sejahtera dan suka cita menyertai dan memberkati kita sampai saat ini dan akan memasuki Tahun Baru 2023,” lanjutnya.

Perayaan Natal bersama itu mengangkat tema, ‘Maka Pulanglah Mereka Ke Negerinya Melalui Jalan Lain (Mat.2:12)’. Lalu dengan sub tema ‘Melalui Perayaan Natal Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun dalam kasih Tuhan bersinergi mewujudkan hidup yang sejahtera.’

Penyalaan Lilin

Di awali dengan penyalahan lilin oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, pengkhotbah Ephorus GKPS Pdt Deddy Fajar Purba, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, mewakili Kajari, mewakili Ketua PN Simalungun, Sekda Esron Sinaga, BKAG dan Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Usai penyalaan lilin dilanjutkan dengan pelaksanaan ibadah natal yang dipimpin oleh Ephorus GKPS Pdt Deddy Fajar Purba. Dalam khotbahnya Ephorus antara lain mengingatkan agar insan manusia memiliki etika dalam bertindak dan hidup.

“Jangan biarkan arah hidup mu lari dari ajaran Tuhan. Pola hidup, mentalitas tidak memuliakan Tuhan supaya tidak dilakukan lagi,” kata Pdt Deddy.

Pdt menyampaikan bahwa, orang merayakan natal senantiasa optimis menjalani kehidupan.

“Berita natal, Allah sedang menunjukkan jalan dan harapan hidup manusia dalam kondisi dan suasana apapun,” ujar Ephorus.

Sementara itu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan selamat Natal dan tahun baru 2023 kepada masyarakat yang melaksanakannya.

“Bagaimana pesan natal ini dapat kita refleksikan di kehidupan kita sehari hari, dan semoga kasih Natal Menyertai kita semua. Selama kebersamaan kita di 2022 ini, tentu banyak kesalahan maupun kekhilafan, oleh karenaya saya mohon maaf. Saya berharap di momen natal 2022 ini kedepannya, kalau kita berjalan bersama saya yakin kita akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik di Kabupaten Simalungun,” pungkas Bupati mengakhiri.

Dalam perayaan natal bersama ini juga di lakukan pemberian santunan dan bingkisan kepada 50 anak yatim piatu. Secara simbolik diberikan kepada 10 orang anak yatim piatu oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0207/Sml, Sekda, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kepala cabang Bank Sumut Raya dan perwakilan Camat.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment