Bupati Asahan Launching Pelayanan Adminduk di Buntu Pane

Bupati Asahan Launching Pelayanan Adminduk di Buntu Pane

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten I Buwono Prawana SIP MSi dan Kadis Dukcapil Rahmanto S.Sos M.Si launching pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Aula Kantor Kecamatan Buntu Pane, pada Rabu (14/12/2022).

Rahmanto menyampaikan tujuan layanan adminduk sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil di Kecamatan yang ditunjuk. Layanan tersebut berfungsi untuk mendekatkan pelayanan adminduk bagi masyarakat, terutama yang rentan karena berdomisili jauh dari pusat pelayanan.

Lebih lanjut, Rahmanto mengatakan penyebaran layanan adminnduk akan dilakukan di 4 titik hingga tahun 2026. Sebelumnya telah dilakukan penempatan titik layanan adminduk di Kecamatan Pulau Rakyat untuk masyarakat Aek ledong, Aek Kuasan, Bandar Pulau, Aek Songsongan dan Rahuning,” kata Rahmanto.

“Kita berharap penempatan titik layanan di Kecamatan Buntu ini dapat mengcover kebutuhan layanan bagi masyarakat Buntu Pane, Tinggi Raja, Setia Janji dan Bandar Pasir Mandoge,” kata Rahmanto.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan menyerahkan KTP dan KIA disaksikan Camat Buntu Pane, Tinggi Raja, Setia Janji, Bandar Pasir Mandoge.

Bupati dalam sambutannya mengatakan penempatan titik layanan di Buntu Pane ini bukanlah tanpa alasan. Disdukcapil telah melakukan kajian yang mendalam terkait dengan efektifitas dan efisiensi proses pelayanan yang akan dilakukan nantinya. Mulai dari pertimbangan jarak tempuh, dukungan sarana dan prasarana jaringan listrik dan internet. Hingga kompetensi aparatur yang akan melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati berharap hal ini dapat mejadi kabar baik bagi masyarakat yang rentan adminduk. Melalui inovasi ini segala akses pelayanan yang berhubungan dengan dokumen kependudukan dapat diperoleh dengan lebih mengefisienkan waktu dan jarak.

Bupati berpesan kepada Camat Buntu Pane, agar lebin aktif untuk mempersiapkan lokasi pelayanan. Dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan lokasi parkir yang teratur.

“Semoga inovasi yang dilahirkan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan. Dengan harapan melalui terlengkapinya dokumen kependudukan maka tingkat kesejahteraan masyarakat lebih baik,” ujarnya.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment