UKW Angkatan 54 Ditutup, 18 Peserta Dinyatakan Lulus

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 54 yang dilaksanakan Dinas Kominfo Pemkab Mandailing Natal (Madina) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) telah ditutup, Sabtu (24/12/2022).

topmetro.news – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 54 yang dilaksanakan Dinas Kominfo Pemkab Mandailing Natal (Madina) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) telah ditutup, Sabtu (24/12/2022).

Ada 29 peserta yang ikut UKW Angkatan 54. Dengan klasifikasi Kelas Madya lima peserta dan Kelas Muda 24 peserta. Dari hasil yang diumumkan panitia melalui Dinas Kominfo Madina, setelah tiga hari melakukan proses ujian, dari 29 peserta, 18 orang peserta dinyatakan lulus atau kompeten. Sementara 11 peserta belum kompeten.

Di akhir kegiatan, Drs Khairul Muslim mewakili para penguji dalam pidatonya menuturkan bahwa UKW Angkatan 54 ini merupakan pembelajaran bagi para peserta.

“Saya ucapkan selamat bagi rekan yang dinyatakan kompeten dan tetap bersabar serta terus berusaha bagi rekan yang belum dinyatakan kompeten. Kami mohon maaf. Kompeten belum kompetennya hasil test UKW ini, kita tetap wartawan dan akan tetap berkawan selamanya,” tandasnya.

Salah seorang peserta dari Kelas Muda, Ahmad Numairi Lubis mengucapkan terimakasih kepada panitia, mentor, dan para penguji. Di mana dalam beberapa hari ini telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman baru kepada mereka para peserta.

“Mewakili rekan-rekan peserta UKW Angkatan 54 ini saya mengucapkan terimakasih atas segala ilmu dan pelajaran yang telah kami dapatkan. Banyak pelajaran dan ilmu yang kami dapat dan sangat bermanfaat,” ujarnya.

“Semoga saja, apa yang kami dapat dari UKW itu bisa kami implementasikan di lapangan. Sehingga kami bisa bekerja secara profesional dalam melakukan tugas dan fungsi sebagai sosial kontrol, demi memberikan pemberitaan yang proporsional untuk konsumsi masyarakat,” katanya.

Profesional

Sementara itu, Pemkab Madina melalui Sekretaris Kominfo Ahmad Duroni Nasution saat menutup acara UKW Angkatan 54 mengatakan terima kasih kepada tim mentor, penguji, dan pengurus PWI Sumut. Hal itu karena kegiatan UKW Angkatan 54 dengan ‘motor’ Pemkab Madina, telah terlaksana dengan baik.

“Sebelumnya saya juga meminta maaf kepada mentor, penguji, pengurus PWI Sumut dan peserta UKW. Mana tahu ada kekurangan kami dalam menyambut atau melayani bapak serta rekan semua. Tetapi ini lah kami dengan segala kekurangan,” sebutnya.

Duroni juga menyampaikan ucapan selamat kepada 18 peserta UKW Angkatan 54 yang telah lulus atau kompeten. Dan kepada 11 peserta yang belum kompeten, agar bersabar dan terus lagi belajar.

“Kita dari Pemkab Madina dalam hal ini Dinas Kominfo berharap bagi rekan-rekan yang dinyatakan kompeten agar semakin profesional dalam beraktifitas. Jadikan hasil kompeten ini dengan memberikan pemberitaan yang berkualitas,” ungkapnya.

“Bagi rekan yang belum belum kompeten agar tidak bekecil hati. Rekan-rekan masih tetap wartawan kok. Hanya saja belum beruntung dalam test UKW kali ini. Dan ingat, tetap terus berusaha dari pembelajaran hari ini,” tutupnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment