Biar Gak Salah Kaprah! Ternyata ini Makanan Wajib Untuk Balita

Biar Gak Salah Kaprah! Ternyata ini Makanan Wajib Untuk Balita

topmetro.news – Makanan Wajib Untuk Balita, Anak merupakan satu dari beberapa anugrah dalam berumah tangga maka tidak ayal jika orang tua harus memastikan makanan yang dikonsumsi oleh buah hati mengandung gizi atau senyawa yang memberikan dampak positif terlebih si buah hati dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya baik itu mulai dari di dalam kandungan, masa MPASI, hingga beranjak dewasa kelak.

Makanan yang harus dimakan oleh anak balita adalah makanan yang mengandung nutrisi penting dan kaya akan gizi. Makanan ini harus mencakup sejumlah besar karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak balita.

Berikut Kandungan Makanan Yang Wajib Untuk Balita

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh anak balita dan dapat diperoleh dari beras, gandum, dan makanan sereal. Beras dan oatmeal adalah contoh makanan yang kaya akan karbohidrat dan juga mengandung serat yang penting untuk menjaga sistem pencernaan anak balita sehat.

2. Protein

Protein adalah zat gizi penting yang membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otot dan tulang. Kandungan Protein juga dapat diperoleh dari makanan nabati (seperti kacang-kacangan dan biji-bijian) dan hewani (seperti telur, ikan, daging dan produk susu).

3. Lemak

Kandungan ini juga dibutuhkan oleh tubuh anak balita. Lemak yang baik dapat diperoleh dari minyak zaitun, alpukat, ikan salmon, dan minyak kacang tanah.

4. Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, Vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan anak balita. Yaitu Vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak balita. Mineral seperti zat besi, kalsium, seng, dan kalium juga dibutuhkan oleh anak balita.

Resiko Kesalahan Nutrisi dan Gizi Pada Anak

Ketika anak-anak mengalami kesalahan gizi, mereka dapat mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti :

  • Gangguan pertumbuhan dan berat badan.
  • Penyakit jantung.
  • Diabetes.
  • Hiperaktivitas.
  • Keterbelakangan.
  • Masalah konsentrasi.
  • Masalah tulang.
  • masalah kulit.
  • Dan masalah pencernaan.

Kita juga harus memastikan bahwa anak balita mendapatkan asupan air putih yang baik untuk membantu menjaga kesehatannya. Untuk memastikan bahwa anak balita mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, orang tua harus memilih makanan yang sehat dan bergizi setiap hari. Selain itu sebagai orang tua kamu juga harus banyak membaca dan mempelajari mengenai info parenting dari berbagai sumber.

Penulis | Uca

Related posts

Leave a Comment