Aceh Digoyang Gempa Dangkal 6,2 SR, Sumut Terasa

Aceh digoyang gempa

TOPMETRO.NEWS — Aceh digoyang gempa dangkal di kedalaman 23 km magnitudo 6,2. Titik gempa terpusat di Aceh Singkil dilaporkan terasa hingga ke Mandailing Natal (Madina) Sumut.

Gempa dangkal kedalaman 23 km dengan magnitudo 6,2 ini diketahui mengguncang Kabupaten Aceh Singkil dan sekitarnya pada Senin (16/1/2023) sekitar pukul 05.30 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di 47 kilometer tenggara Aceh Singkil.

Kata BMKG, pusat gempa berkedalaman 23 kilometer.

Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Salah seorang warga Mandailing Natal (Madina) Sumut, Aidah (32) menyebut, saat Senin pagi, ketika bangun tidur, lampu di rumahnya terlihat sedikit bergoyang dan terasa sedikit getaran.

“Saya menduga ada gempa. Karena kecil, saya tetap berbaring di kamar. Setelah saya lihat internet, tenyata benar ada gempa di Aceh Singkil,” katanya.

Tidak cuma di Mandailing Natal, berdasarkan laporan BMKG, warga Gunung Sitoli dan Padangsidimpuan juga ikut merasakan guncangan.

Warga Gunung Sitoli dilaporkan merasakan gempa dengan IV skala MMI atau guncangan gempa sampai membuat jendela dan pintu berbunyi.

Sedangkan di Padangsidimpuan, gempa terasa hanya beberapa orang saja (II-III skala MMI).

Hingga kini belum ada laporan kerusakan dan korban yang diakibatkan gempa bumi itu.

BACA PULA | Warga Madina Korban Gempa Cianjur Bertambah

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, satu keluarga lagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat berasal dari Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut), Marwahuddin Nasution (43). Kerugian ayah lima ini tergolong parah, lantarah rumah kontrakan mereka hampir rata dengan tanah.

Semua dagangan di warung pun nyaris tak terselamatkan. Bahkan dalam dua tiga hari terakhir, dagangan di dalam puing-puing reruntuhan bangunan banyak diambil warga yang mulai kelaparan karena belum dapat bantuan.

“Ada yang minta izin. Mereka mengaku lapar. Banyak juga yang mengambil tanpa memberi tahu kami,” aku suami Nur Alina Hasibuan (42) ini.

asl1

Related posts

Leave a Comment