Setelah Karawang dan Bandar Lampung, BTN Syariah Akan Dibuka di Daerah Lainnya

Setelah membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) di Karawang dan Bandar Lampung, selanjutnya BTN Syariah akan melakukan pembukaan KCS di Pontianak dan daerah potensial lainnya di tahun 2023 ini.
Advertisement

topmetro.news – Setelah membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) di Karawang dan Bandar Lampung, selanjutnya BTN Syariah akan melakukan pembukaan KCS di Pontianak dan daerah potensial lainnya di tahun 2023 ini.

Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Hirwandi Gafar mengungkapkan hal itu di sela pembukaan KCS Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu (18/1/2023).

Di awal tahun 2023, Unit Usaha Syariah (UUS) PT BTN (Persero) Tbk atau BTN Syariah semakin ekspansif melakukan perluasan usaha di berbagai daerah.

Ekspansi BTN Syariah di berbagai daerah adalah untuk menggarap potensi bisnis pembiayaan perumahan berbasis syariah yang saat ini semakin menarik minat masyarakat. Ekspansi tersebut juga untuk mendukung program pemerintah meningkatkan ekosistem syariah.

Mengenai pembukaan KCS Bandar Lampung, Hirwandi menuturkan, pembukaan jaringan kantor tersebut untuk menggarap potensi bisnis. Sekaligus mempermudah masyarakat Lampung untuk memiliki rumah dengan fasilitas pembiayaan syariah.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung terus menunjukkan pergerakan positif. Di tengah peningkatan tersebut, provinsi ini masih mencatatkan angka kebutuhan rumah yang tinggi.

“Dengan kehadiran KCS Bank BTN di Bandar Lampung, kami menghadirkan berbagai layanan keuangan termasuk menyediakan fasilitas pembiayaan syariah untuk mempermudah masyarakat Lampung memiliki rumah,” katanya.

Ada pun dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, perekonomian provinsi tersebut tumbuh mencapai 3,91% secara tahunan (year-on-year/yoy) per triwulan III-2022.

Kebutuhan Rumah

Angka tersebut menunjukkan perbaikan dari peningkatan ekonomi di triwulan III-2021 yang sebesar 3% yoy. Sektor real estate juga ikut mencatatkan pertumbuhan pada triwulan III-2022 dengan kenaikan sebesar 3,75% yoy.

Kemudian, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), masih ada lebih dari 227 ribu keluarga di Lampung belum memiliki rumah. Angka tersebut didominasi kebutuhan rumah dari keluarga milenial sebanyak lebih dari 101 ribu unit.

Ada pun salah satu tawaran produk menarik BTN Syariah hingga 28 Februari 2023 yakni KPR HITS for Millenial. Produk pembiayaan untuk pemilikan rumah tersebut menawarkan uang muka mulai 1%, ujroh mulai 6,99%. Dengan jangka waktu hingga 30 tahun.

Hirwandi meyakini dengan potensi besar tersebut, BTN Syariah dapat menyalurkan pembiayaan mencapai lebih dari Rp50 miliar khusus segmen kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi di Lampung. Pasalnya, potensi bisnis pembiayaan syariah di berbagai daerah sangat tinggi, terutama di kota-kota di wilayah Sumatera.

“Bahkan di tengah Pandemi Covid-19, bisnis pembiayaan syariah di kawasan tersebut mencatatkan kinerja positif. Delapan Kantor Cabang Syariah Bank BTN yang berada di Sumatera, menorehkan kinerja melebihi target yang ditetapkan,” jelas Hirwandi.

Dengan peresmian BTN KCS Bandar Lampung di Sumatera, BTN Syariah telah memiliki sembilan kantor cabang di seluruh pulau tersebut. Antara lain, KCS Banda Aceh, KCS Medan, KCS Batam, KCS Pekanbaru, KCS Palembang, KCS Bengkulu, KCS Jambi, KCS Padang, dan KCS Bandar Lampung.

Sementara itu, kendati berada di masa pandemi, jaringan kantor BTN Syariah di Sumatera berhasil mencatatkan pertumbuhan pembiayaan sebesar 18,37% yoy. Yakni, dari Rp5,19 triliun per Desember 2022 menjadi Rp6,15 triliun di bulan yang sama tahun ini.

Aset UUS BTN di Sumatera juga tercatat tumbuh sebesar 19,37% yoy. Yakni, dari Rp5,13 per Desember 2021 menjadi Rp6,12 triliun per Desember 2022.

reporter | Robert Siregar/Rel

Advertisement

Related posts

Leave a Comment