Sukseskan F1 Powerboat di Danau Toba, Edy Rahmayadi Gencarkan Publikasi dan Sosialisasi

Sumatera Utara (Sumut) siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar F1 Powerboat di Danau Toba. Perhelatan itu akan berlangsung di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023.
Advertisement

topmetro.news – Sumatera Utara (Sumut) siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar F1 Powerboat di Danau Toba. Perhelatan itu akan berlangsung di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023.

Untuk menyukseskan dan memeriahkan perhelatan F1 Powerboat akbar itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi telah memerintahkan jajarannya untuk gencar mempublikasikan dan menyosialisasikannya kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Dr Ilyas Sitorus M Pd pada Media Gathering Kementerian Kominfo secara daring di Kantor Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said, Medan, Selasa (24/1/2023).

“Sesuai dengan arahan Gubernur yang telah disampaikannya beberapa waktu lalu, perhelatan ini merupakan kesempatan emas bagi Sumut dan Danau Toba. Sumut akan mendapat banyak keuntungan dari ajang ini. Oleh karena itu, kita tidak boleh melewatkanya begitu saja. Publikasi dan sosialisasi juga perlu terus kita gencarkan,” ujar Ilyas.

Ilyas memaparkan, panitia pelaksana daerah pendukung penyelenggaraan F1 Powerboat telah terbentuk. Ada sembilan bidang kepanitiaan, di antaranya kesehatan, imigrasi, karantina, kepabeanan, penataan jalan dan kawasan, konektivitas. Serta bidang pengelolaan sampah dan instalasi pengelolaan air limbah.

Kemudian, ada bidang acara utama, fasilitasi pembayaran dan permodalan, keamanan dan ketertiban, keselamatan dan kesiapsiagaan bencana, pengembangan destinasi. Serta bidang pelatihan SDM dan hubungan masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut berada di bidang hubungan masyarakat.

“Kami telah melakukan berbagai publikasi maupun sosialisasi lewat berbagai media cetak, elektronik, dan media sosial. Ini sedang dan akan terus kami lakukan,” kata Ilyas.

Pemprov Sumut melalui Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Sumut meminta kepala daerah kabupaten/kota se-Sumut, OPD Pemprov Sumut, juga BUMD mempublikasikan dan menyosialisasikan F1 Powerboat.

“Kami juga telah meminta dukungan seluruh bupati dan walikota, kepala OPD Pemprov Sumut dan BUMD untuk mempublikasikan perhelatan akbar ini. Sebab ini tidak bisa dilakukan dengan kerja sendiri, sinergi harus diperkuat,” kata Ilyas.

Ekonomi

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali yang hadir pada media gathering tersebut menegaskan, penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba adalah salah satu upaya mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.

“Penyelenggaraan event olahraga di daerah wisata ini (Danau Toba) akan lebih meningkatkan gerak laju ekonomi nasional masyarakat,” tegasnya.

Untuk itu Zainudin Amali berharap, seluruh persiapan secara teknis harus sebaik mungkin. “Persiapan venue, fasilitas pendukung semuanya harus kita kebut persiapannya. Rakor secara intensif dan parallel juga terus dilakukan,” katanya.

Sementara Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong berharap, media tidak hanya memberitakan ajang balapan perahu itu saja. Namun juga dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata superprioritas nasional.

“Kita (Kementerian Kominfo) persiapkan semua kebutuhan media. Namun kami berharap, media juga turut memberitakan hal positif mengenai Danau Toba. Yakni, sebagai promosi untuk masyarakat nasional maupun internasional,” ujar Usman Kansong.

sumber | RELIS

Advertisement

Related posts

Leave a Comment