Cara Membuat Judul Artikel Agar Menarik Minat Pembaca

Cara Membuat Judul Artikel Agar Menarik Minat Pembaca

Topmetro.news – Sebagai penulis sangatlah penting untuk memuat judul artikel yang menarik agar menarik minat pembaca. Penulisan judul pada sebuah artikel bagaikan sayur dan garam yang tidak bisa di pisahkan. Setidaknya itulah yang di sampaikan pada sesi zoom saat penyampaian materi cara membuat judul artikel agar menarik minat pembaca.

Selain untuk menarik minat dari pembaca, pembuatan judul artikel sangatlah penting untuk SEO agar terlihat baik di mata Google. Pada sesi Zoom yang diadakan tadi Rahmi Nurfajriani selaku moderator banyak mengulas dan mengkoreksi perihal pembuatan judul artikel yang telah peserta buat pada sesi sebelumnya.

Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan judul pada artikel agar terlihat menarik pembaca dan juga Seo Friendly.

1. Padanan Kata

Padanan kata di dalam judul artikel sendiri dimaksudkan untuk menarik minat pembaca untuk melihat artikel kita yang telah tayang di Google. Seperti yang telah di jelaskan oleh moderator, dalam penulisan judul artikel sendiri kita di haruskan membuat padanan kata sepadat dan semenarik mungkin. “Jadi, disini  harus memposisikan diri sebagai pembaca juga, bukan hanya sebagai penulis”. Tutur kak Rahmi Nurfajriani. Jadi buatlah judul semenarik mungkin agar konten kita dapat dilirik oleh pembaca.

2. Penempatan Keyword

Dalam membuat judul, penulis haruslah menempatkan keyword yang telah di targetkan dan digabungkan dengan padanan kata yang tepat dan menarik sesuai yang telah di jelaskan pada poin pertama. Penempatan keyword yang tepat tentunya akan memperbesar peluang artikel yang telah penulis tayangkan dapat di temukan oleh pembaca.

Untuk Keyword dalam membuat konten sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Keyword Evergreen dan Keyword Trending. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Keyword Evergreen

Keyword Evergreen adalah keyword yang akan terus dicari dan tidak akan habis termakan jaman. Biasanya, keyword ini menggunakan Long Tail Keyword, yang terdiri lebih dari 4 kata. Bilamana penulis menargetkan keyword jenis ini, maka pastilah konten atau artikel yang penulis buat akan mengikuti evergreen juga. Karena biasanya Keyword adalah gagasan utama bagi penulis dalam menuangkan isi di dalam tulisannya.

Keyword Trending

Keyword Trending adalah keyword yang masa berlakunya singkat, dalam arti kata hanya berlaku pada saat itu. Dan setelah isu yang dibahas telah redup, maka keyword tersebut juga akan mengalami penurunan traffic yang juga mengikuti keadaan pada saat itu yaitu sepi pengunjung.

Penulis | Arsyad K.R

Related posts

Leave a Comment