Info CPNS 2023, Ini Daftar Formasi Prioritas, Siap-siap!

Info CPNS 2023

TOPMETRO.NEWS – Info CPNS 2023, cek daftar formasinya. Pasalnya, tahapan seleksi CPNS 2023 rencananya akan mulai April 2023 dengan penetapan formasi baru.

Jika sesuai jadwal, maka diharapkan pendaftaran seleksi CPNS 2023 digelar Juni 2023 mendatang.

Berdasarkan pernyataan Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, setidaknya ada 5 formasi CPNS 2023 yang jadu prioritas.

Hal itu disampaikan MenPANRB Azwar Anas dalam rapat koordinasi (Rakor) rencana pengadaan aparatur sipil negara (ASN) Tahun 2023.

5 Prioritas Formasi CPNS 2023:

> Formasi hakim
> Formasi jaksa
> Formasi dosen
> Formasi talenta digital
> Formasi jabatan pelaksana prioritas

“Prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya, termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas,” ucap Azwar Anas.

Jabatan pelaksana yang menjadi prioritas dalam seleksi CPNS 2023 tertera dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 45 tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Azwar Anas menegaskan seleksi CPNS tahun ini akan dilaksanakan dengan sangat ketat.

Dampak Perkembangan Teknologi Digital

Pemerintah tidak akan membuka formasi jabatan PNS yang pekerjaannya sudah bisa digantikan teknologi.

Anas menjelaskan, kini pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa digantikan terdampak perkembangan teknologi digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergrus zaman,” ungkap dia.

Sementara Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan, seleksi CASN 2023 berjalan paralel dengan seleksi CASN 2022 yang saat ini sedang berlangsung.

Kini, seleksi CASN PPPK guru 2022 sudah memasuki tahap pengumuman kelulusan yang dijadwalkan pada 2-3 Februari 2023.

Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022 kini memasuki tahap pengisian daftar riwayat hidup (DRH) nomor induk (NI) yang dimulai sejak 12 Januari hingga 5 Februari 2023.

Sementara seleksi PPPK Teknis 2022 baru sampai pada tahap jawab sanggah pada 19-25 Januari dan pengumuman pasca sanggah yang dijadwalkan pada 26-28 Januari 2023.

Sedangkan seleksi CASN 2023 rencananya dibuka pada Juni mendatang.

BACA PULA | Penipu Pencari Kerja di Simalungun Dibekuk

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, seorang penipu pencari kerja dibekuk polisi di Simalungun.

Penipu pencari kerja itu diketahui bernama Dimas Panca Ikhsanni (32), warga Huta 3, Nagori Landbau, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Dia dipersangkakan telah menipu pencari kerja di daerah itu.

Polisi membenarkan penangkapan tersangka di kediaman Sukarti, di Huta 5 Nagori Bandar Jawa, Simalungun, beberapa waktu lampau.

asl1

Related posts

Leave a Comment