Turnamen Catur YNPS Cup II Sukses Jaring 30 Pelajar Berbakat, Josua Hutajulu Juara Umum

Turnamen Catur Antar Pelajar Tingkat SD, SMP, SMA Sederajat se-Tapanuli Utara yang berlangsung di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Tarutung berakhir, Selasa (7/3/2023).

topmetro news – Turnamen Catur YNPS Antar Pelajar Tingkat SD, SMP, SMA Sederajat se-Tapanuli Utara yang berlangsung di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Tarutung berakhir, Selasa (7/3/2023). Penyelenggara turnamen adalah Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (YNPS).

Ada 30 pelajar yang masuk nominasi 10 besar dapat dapat undangan mengikuti acara penutupan, Sabtu (11/3/2023), di Kantor YNPS Desa Sitompul Kecamatan Siatas Barita Tapanuli Utara.

Nelson Pandapotan Sitompul sebagai pendiri yayasan dan pembina turnamen catur, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia dan Percasi Tapanuli Utara yang berhasil menyelenggarakan turnamen dengan baik, tertib, sampai menetapkan juara.

Ia juga berharap para pelajar berbakat yang juara maupun belum, dapat meningkatkan kualitas melalui latihan. “Pada kesempatan ini, kami mengundang adek-adek yang masuk nominasi 10 besar tingkat SD, SMP, dan SMA untuk hadir menerima hadiah Hari Sabtu tanggal 11 Maret 2023 di kantor yayasan di Desa Sitompul,” ujar Nelson.

Sekretaris Percasi Tapanuli Utara Joinher Ambarita kepada seluruh peserta menyatakan, turnamen catur tersebut merupakan permulaan untuk menjadi pecatur andal.

“Bukan soal menang dan kalah. Kita ini semua keluarga. Bulan Oktober mendatang direncanakan akan ada lagi turnamen serupa. Oleh sebab itu, asah kualitas anda untuk menjadi juara,” sebut Joinher Ambarita.

Ia pun mengajak pebakat catur yang ingin ikut pelatihan datang ke komunitas pecatur, berlokasi depan Kantor Pos Tarutung.

Sementara itu, Ketua Panitia Roy Simanjuntak kepada topmetro.news menerangkan, selain piagam dan piala, para juara juga memperoleh dana pembinaan masing Rp5 juta untuk juara I semua tingkatan. Kemudian Rp4 juta juara II, Rp3 juta juara III, dan Rp1 juta juara IV. Sementara seluruh peserta juga mndapatkan sertifikat.

Kepada pecatur yang belum berhasil menjadi juara agar tetap semangat dan tidak kecewa. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada para orangtua dan guru yang mendampingi anak-anak mereka mengikuti turnamen itu.

Roy juga menyampaikan terima kasih kepada Percasi dan Parlindungan Sihombing dari YNPS yang terus menyemangati peserta.

Daftar Juara

Pada kesempatan itu, Kristen Simanjuntak mewakili dewan juri mengumumkan juara, masing-masing:

Di mana untuk tingkat SD yakni, juara I Renol Alponso Gultom, juara II Jhon Pebry Silaban, juara III Evan F Nadapdap, juara IV Timothy Ferdinand Bakkara, masing-masing nilai 5.

Tingkat SMP, juara I Josua SR Hutajulu (6), juara II Christo Panggabean (5), juara III Valentino Gultom (5), juara IV Kenjro Panggabean (5).

Tingkat SMA, juara I Jesminton Gultom (5 1/2), juara II Laurenov JC Lumbantobing (5 1/2), juara III Jeremi J Hutagalung (5), juara IV Andika Syahputra (5).

Juara Umum Josua SR Hutajulu dari tingkat SMP karena tidak pernah kalah selama pertandingan.

Selama pertandingan yang berlangsung 4 hari (4-7 Maret 2023), terlihat orangtua dan guru sekolah setia mendampingi siswanya. “Luar biasa. Turnamen ini berlangsung sangat profesional,” ujar Oppu Rotua Simanjuntak seorang pehobi catur di Tarutung.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment