Ini Manfaat Jalan Kaki Santai Minimal 2.000 Langkah per Hari

Jalan kaki santai

TOPMETRO.NEWS – Jalan kaki santai, setiap pagi kayaknya sudah jadi bagian dari gaya hidup nan bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk menurunkan berat badan.

Anda tidak melulu harus olahraga berat, seperti berlari kencang, futsal, angkat barbel dan lainnya. Namun jalan kaki santai selama 30 menit pun sangat bermanfaat. Mau tahu?

Ini benar bagian dari pola hidup sehat. Untuk menerapkan praktik jalan kaki santai sebanyak 2000 langkah sebenarnya tak begitu sulit, bukan?

Terutama ini penting bagi Anda yang mager (malas gerak). Sejak sekarang, mulailah berjalan minimal 2000 langkah per hari.

Seperti yang kita tahu, berjalan, atau jalan kaki santai sembari mengayunkan tangan, menggerakkan leher sampai pinggang, rasanya seluruh badan bergerak, bukan?

Pergerakan badan yang dilakukan secara rutin membuat tubuh kita lebih sehat.

Dalam ‘’Seminar Kebugaran’’ di Kota Medan yang kutip TOPMETRO.NEWS dari MEDAN INSIDER Rabu, 8 Maret 2023, pembicaranya dr Chan menyebut berjalan minimal 2.000 langkah dapat menjadikan hidup lebih sehat.

Jika kita tak sempat ikut tim futsal, atau olahraga berat seperti fitnes dan badminton, maka berjalan 2.000 langkah pun tak kalah baiknya, lho.

Ya, sehari, hanya 2.000 langkah. Biasanya untuk menuntaskan target 2.000 langkah ini, Anda bakal butuh waktu sekitar 30 menit. Bahkan, durasi 30 menit itu, rata-rata lebih dari 2.000 langkah.

Kebetulan penulis berdomisili di salah satu kompleks perumahan di Kota Medan. Untuk mengelilingi deretan rumah-rumah di sini, butuh 300 langkah.

Dalam waktu 30 menit saja, penulis bisa mengitari 10 kali keliling perumahan. Kalkulasinya, 300 langkah dikalikan 10 kali keliling, itu berarti sudah 3.000 langkah.

Racun Terbuang Lewat Keringat

Nah, inilah sejatinya yang dilakoni setiap pagi atau sore menjadi rutinitas para penghuni kompleks. Jika ada waktu, cukup meluangkan 30 menit sehari.

Percaya atau tidak, berjalan minimal 2000 langkah setiap hari badan sudah berkeringat.

Lewat keringat yang keluar dari pori-pori, menurut dr Chan yang jadi narasumber dalam Seminar Kebugaran kala itu, racun yang ada dalam tubuh terbuang lewat keringat yang keluar dari pori-pori.

Setelah berkeringat dengan berjalan minimal 2.000 langkah tadi, perbedaan dalam tubuh pun mulai terasa. Ya, badan lebih fresh (bugar).

Nah, program menurunkan berat badan dapat berhasil, tentu programnya pun harus lebih dimaksimalkan.

Sejumlah pakar kesehatan selalu berpendapat. Katanya, untuk sehat, tentu menjaga pola hidup yang sehat pula.

Salah satu caranya, menghindari makanan ini itu dan segala tetek bengeknya.

Tapi percayalah, seberapa banyak pun asupan makanan yang masuk dalam tubuh Anda, kalau dibarengi dengan olahraga (red, mengeluarkan keringat), rasanya tidak ada masalah bukan?

BACA PULA | Ribuan Peserta Gerak Jalan Santai Dilepas

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi melepas 5.300 peserta gerak jalan santai dalam rangka memperingati HUT Al-Jamiyatul Washliyah ke-92 di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan, Jumat (2/12/2022).

Ketua PD Al-Jamiyatul Washliyah Asahan Syahrul Nasution SH MH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Polres Asahan yang telah memberikan bantuan dan dukungan.

“Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini. Kami akan memberikan kontribusi yang positif demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan,” ujarnya.

Wabup Asahan mengucapkan terima kasih kepada Al-Jamiyatul Washliyah yang telah bersedia membantu mensuksekan visi misi ‘Mewujudkan Asahan sejahtera, religius dan berkarakter’.

asl1

Related posts

Leave a Comment