Bupati Sergai Kembali Terima Kunjungan Audiensi dari Berbagai Kelompok Masyarakat

Bupati Sergai H Darma Wijaya aktif membuka pintu ruang kerjanya untuk menerima kunjungan audiensi. Pada Hari Selasa (14/3/2023), di Sei Rampah, Darma Wijaya menyambut kehadiran beberapa kelompok masyarakat.

topmetro.news – Bupati Sergai H Darma Wijaya aktif membuka pintu ruang kerjanya untuk menerima kunjungan audiensi. Pada Hari Selasa (14/3/2023), di Sei Rampah, Darma Wijaya menyambut kehadiran beberapa kelompok masyarakat. Antara lain, Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai, BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, dan Panitia Peresmian Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Sukadamai.

Remaja Milenial Islam

Pada kesempatan pertama menerima kehadiran Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai, Bupati Sergai menyampaikan jika pemuda Islam memiliki peranan yang sangat penting terhadap pembangunan daerah.

“Kalau remaja masjidnya kuat, maka Insya Allah anak-anak muda yang ada di Sergai ini akan lebih aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan menghindari perbuatan merugikan,” katanya.

Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga menyampaikan kalau pemuda harus mampu menyosialisasikan berbagai program positif pemerintah ke tengah-tengah masyarakat. Salah satunya terkait upaya menurunkan prevalensi stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Upaya menurunkan angka stunting ini sudah menjadi program prioirtas nasional. Para pemuda seperti adik-adik sekalian harus mampu menyampaikan kepada rekan sebaya untuk mencegah stunting yang salah satunya dengan tidak menikah di usia belia. Sebabnya menikah pada usia remaja atau sebelumnya, terutama pada usia kurang dari 18 tahun, merupakan faktor risiko bagi terjadinya stunting pada anak,” ucap Bupati mengingatkan.

Kemudian terkait Bulan Suci Ramadan yang sebentar lagi datang, Bupati juga mengajak seluruh pemuda muslim Sergai untuk aktif mengisinya dengan kegiatan-kegiatan religi, salah satunya pesantren kilat yang diinisiasi oleh Pemkab Sergai.

“Kami harap kalian bisa aktif mengikuti kegiatan pesantren kilat di Bulan Ramadan. Kegiatan pesantren kilat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan referensi agama yang tentunya sangat baik bagi para generasi muda,” katanya.

Sebelumnya, Pembina Ikatan Remaja Milenial Islam Pemuda Sergai Ahmad Muhazir SH MSi menyampaikan, organisasi tersebut memiliki keinginan untuk bersinergi dengan Pemkab Sergai membangunan Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Dalam waktu dekat kami berencana membuat perlombaan dengan peserta yang berasal mulai dari tingkat SMA hingga mahasiswa. Ini merupakan komitmen kami untuk mengarahkan para generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif,” jelasnya.

BPJS Kesehatan

Pada kesempatan selanjutnya, Bupati Sergai menyampaikan selamat bertugas kepada pimpinan baru BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam.

“Kami berharap dengan kepemimpinan Pak dr Zoni Anwar Tanjung, BPJS Kesehatan bisa menjaga sinergi yang baik. Sekaligus menjadi mitra Pemkab Sergai dalam memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas,” katanya.

Sementara itu pada kesempatan serupa, selain memperkenalkan diri sebagai pemimpin BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam yang baru, dr. Zoni juga memakai kesempatan audiensi ini untuk menjelaskan Universal Health Coverage (UHC).

“UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. Kami sedang berupaya membangun ekosistem kesehatan tersebut. Kami berharap bisa menjalin kerja sama dan dukungan dari Pemkab Sergai,” sebutnya.

HKBP Resort Sukadamai

Kemudian pada kesempatan selanjutnya, Bupati Sergai bertemu dengan Panitia Peresmian HKBP Resort Sukadamai. Kehadiran mereka bertujuan untuk menyampaikan undangan agar Darma Wijaya bisa hadir dalam acara peresmian gedung HKBP Resort Sukadamai. Sesuai rencana, peresmian akan berlangsung pada 26 Maret 2023.

Merespons undangan tersebut, Bupati menegaskan jika Pemkab Sergai menjamin kebebasan melaksanakan ibadah bagi seluruh pemeluk agama. Apalagi Kabupaten Sergai terkenal sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi. Dan salah satu visinya yaitu menjadikan Sergai sebagai daerah yang religius.

“Jika tidak ada halangan, saya akan hadir dalam acara peresmian tersebut,” kata Bupati.

Hadir juga dalam rangkaian audiensi itu, adis Kominfo Sergai HM Akmal AP MSi, Kabag Hukum Setdakab Sergai Abdul Hakim Sorimuda Harahap SH, Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah SSos, Sekretaris Dinas Kesehatan Liagustina Simamora SKM, serta rombongan pengurus masing-masing organisasi.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment