Bupati Taput Pimpin Rakor Lingkungan Pemkab Tapanuli Utara

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi memimpin rapat koordinasi (rakor) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Selasa (14/3/2023).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi memimpin rapat koordinasi (rakor) di lingkungan Pemkab Tapanuli Utara, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Selasa (14/3/2023).

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Drs Indra SH. Simaremare dan para asisten. Hadir juga para pimpinan OPD dan para camat se-Kabupaten Tapanuli Utara,.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas. Ia meminta seluruh pimpinan perangkat daerah agar proaktif menciptakan terobosan dan inovasi baru di tengah keterbatasan anggaran.

Selanjutnya ia menegaskan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar mereveiw setiap permintaan anggaran masing-masing perangkat daerah. Terlebih dahulu ada pembahasan bersama apa yang menjadi output dan outcome dari permintaan anggaran tersebut. Harus terukur dan menghasilkan nilai tambah kepada masyarakat.

“Setiap perangkat daerah agar menuntaskan belanja pada triwulan I dan triwulan selanjutnya sesuai rencana anggaran kas. Kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan agar Berkolaborasi dengan camat terkait pemberdayaan tenaga kerja lokal dalam rangka menekan angka pengangguran. Dan memprogramkan pendidikan informal dan memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat pelatihan. Kemudian kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM agar melakukan inovasi. Bagaimana meningkatkan daya saing dan strategi pemasaran hasil pertanian serta produk unggulan Kabupaten Tapanuli Utara,” papar Nikson Nababan.

“Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan kepada Kepala Dinas PMD agar memonitoring penggunaan ADD/DD untuk mengatasi persoalan-persoalan di desa. Yakni, dengan memegang prinsip ‘Desa Kuat Kota Maju’. Dan kepada Kepala Dinas Pariwisata agar fokus pada pengembangan kawasan wisata dengan mengembangkan dan mengelola destinasi wisata,” tegasnya.

Camat

Nikson kemudian menegaskan kepada para camat se-Tapanuli Utara agar berserta seluruh staf, proaktif turun ke dusun-dusun. Tujuannya melihat serta memetakan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Rangkul terus masyarakat, pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat dan laporkan kepada Bupati. Camat proaktif menyampaikan usulan pembangunan di wilayah kerja masing-masing. Dan camat mengimbau pemerintah desa agar mendeteksi dini kawasan permukiman, jalan, saluran irigasi dan lahan pertanian yang rawan bencana dan melaporkannya.

Bupati juga menegaskan kepada camat agar lurah turun ke lingkungan-lingkungan mendengar keluhan-keluhan di tengah-tengah masyarakat dan mencari solusi mengatasinya. Memprioritaskan anggaran pemberdayaan masyarakat untuk kegiatan-kegiatan pelatihan produktif di kelurahan.

Selanjutnya Bupati minta Direktur Perusda PDAM Mual Natio agar tetap proaktif menangani pengaduan masyarakat terkait ketersediaan air bersih

“Seluruh Pimpinan Perangkat Daerah agar meningkatkan capaian kinerja pembangunan dengan fokus meningkatkan akuntabilitas kinerja, kualitas pelayanan publik dan perencanaan pembangunan. Dan saya tegaskan agar seluruh staf dan pejabat harus mempunyai loyalitas dan integritas. Saudara juga harus dapat menjaga rahasia jabatan dan rahasia negara. Mari saling mendukung dan bekerja sama membangun Tapanuli Utara,” tutup Nikson Nababan.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment