Pemkab Langkat & Ditjen Perbendaharaan Sumut Teken Nota Pengelolaan Keuangan

Pemkab Langkat & Ditjen Perbendaharaan Sumut Teken Nota Pengelolaan Keuangan

topmetro.news – Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin SH menghadiri Penandatanganan Nota Kesepakatan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Saiful SE AK MM tentang forum kerja sama peningkatan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah, Senin (13/3/2023).

Dalam kesempatan itu Syah Afandin menyampaikan pengelolaan keuangan negara yang baik dan juga bertanggungjawab merupakan bagian dari sasaran kinerja yang telah pihaknya tuangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah Pemkab Langkat. Sekaligus menjabarkan Visi Misi Kepala Daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

Syah Afandin mengatakan pada tahun anggaran 2023 Pemkab Langkat mendapatkan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp1.948.475.846.000. Yang mana di dalamnya terbagi atas penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik maupun non fisik.

“Dalam pelaksanaannya Alokasi TKDD disalurkan oleh Pemerintah Pusat dengan cara pemindah bukuan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten Langkat setelah syarat-syarat penyaluran dipenuhi oleh Pemkab Langkat,” jelas Afandin.

Sementara itu, Saiful mengatakan pilihannya untuk hadir di Langkat ini adalah salah satu pilihan yang sangat tepat tentunya.

“Kehadiran kami tidak semata-mata menjalankan silaturahmi ke-34 Kepala Daerah. Tapi lebih kepada menjalankan amanah yang kita sampaikan dalam pelaksanaan keuangan negara. Baik bersumber APBN maupun APBD,” ucapnya

Saiful menyampaikan dalam konteks data dan pembinaan yang di teken olehnya sendiri dengan Bupati Langkat akan menjadikan ini sebagai bagian wadah Sinergi Koordinasi Kolaborasi Intimasi (SKKI).

“Tadi secara bersama-sama Insya Allah 3 bulan ke depan kita lakukan evaluasi secara bersama-sama. Apakah wadah Itu betul-betul berjalan efektif dan menghasilkan hal-hal yang konstruktif dan juga produktif,” ucapnya

Selanjutnya kedua belah pihak melakukan penandatanganan komitmen percepatan penyaluran dana fisik oleh Kepala Kanwil Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara dan Plt. Bupati Langkat. Kemudian penandatanganan menuju wilayah bebas dari korupsi dan birokrasi yang di tandatangani oleh Kepala BPKAD, Plt. Kadis PMD, Kadis Kesehatan Langkat, Kadis Pendidikan Langkat serta diketahui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan II.

Hadir Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sumut Saiful SE AK MM, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan II Sondang Rotua Sihaloho. Lalu Sekda Langkat Amril SSos MAP, Inspektorat Drs. Hermansyah MIP, Kepala BPKAD Drs. M. Iskandarsyah, Kadis Pendidikan DR. H. Saiful Abdi SH SE MPd, Kadis Kesehatan dr. Juliana MM, Plt. Kadis PMD Drs. Basrah Pardomuan dan seluruh OPD Pemkab Langkat lainnya.

 

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment