5 Cara Keluar dari Himpitan Beban Hidup Generasi Sandwich

5 Cara Keluar dari Himpitan Beban Hidup Generasi Sandwich

topmetro.news – Generasi Sandwich adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap keluarga dan tinggal bersama orang tua atau mertua. Kondisi ini sering dijumpai di Indonesia. Pasalnya, banyak orang tua yang mengharapkan balas budi finansial dari anaknya yang sudah dewasa. Generasi sandwich harus pandai mengelola keuangan, salah satunya dengan reksadana pasar uang. 

Keuntungan reksadana pasar uang cukup signifikan dibanding jenis investasi lain. Generasi Sandwich bisa memilihnya sebagai fitur terbaik yang dapat membantu dalam mengelola keuangan. Apalagi sekarang banyak lembaga keuangan yang menyediakan fitur investasi ini dalam aplikasi sehingga mudah untuk membeli dan memantau perkembangannya. 

Cara Generasi Sandwich Keluar dari Himpitan Beban Hidup 

Sebagai generasi yang bertanggung jawab terhadap dirinya, keluarga dan orang tua, beban finansial Generasi Sandwich cukup besar. Pengelolaan uang yang bijak bisa menjadi cara bagi generasi ini untuk terhindar dari masalah finansial. Reksadana pasar uang yang terkenal cuan merupakan pilihan tepat sebagai fitur investasi terpercaya. 

Dari keuntungan reksadana pasar uang, Generasi Sandwich bisa mendapatkan penghasilan tambahan sehingga dapat menutup berbagai kebutuhan dan keluar dari himpitan beban hidup. Namun untuk mengumpulkan modal membeli investasi tidak mudah. Agar keinginan berinvestasi dapat tercapai, Generasi Sandwich perlu melakukan beberapa poin berikut ini: 

Catat semua pengeluaran dan pendapatan

Mencatat semua pengeluaran dan pendapatan merupakan salah satu cara untuk mengontrol penggunaan uang. Generasi Sandwich bisa mencatat secara manual atau dalam aplikasi yang banyak tersedia. 

Jika keuangan sudah stabil dan mempunyai uang cash dalam jumlah cukup, bisa membelikan produk reksadana pasar uang agar mendapat penghasilan pasif. Cara ini terbukti dapat menjadi solusi untuk keluar dari himpitan beban finansial. 

Libatkan semua anggota keluarga dalam merencakanan pengeluaran

Melibatkan anggota keluarga dalam perencanaan keuangan sangat penting. Generasi Sandwich harus memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga. Karena itu perlu mempertimbangkan apa saja keperluannya dan membuat skala prioritas sehingga semua kebutuhan terpenuhi. Bisa jadi beberapa kebutuhan anggota keluarga harus segera dipenuhi, ditunda atau dihilangkan. 

Hati-hati dalam menggunakan uang

Menggunakan uang secara sembarangan merupakan sumber masalah. Sebaiknya hanya menggunakan uang sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Daripada mengeluarkan dana untuk hal yang bersifat konsumtif, lebih baik menggunakannya untuk membeli reksadana pasar uang yang menguntungkan. 

Jangan terjebak dalam utang konsumtif

Utang konsumtif dapat menyebabkan Generasi Sandwich terhimpit beban hidup. Jika tidak terpaksa, jangan pernah berutang, terutama untuk kepentingan konsumtif. Dana yang diterima tersebut menyebabkan jumlah pengeluaran semakin banyak karena harus mengembalikannya berikut dengan bunga pinjaman. 

Tambah penghasilan

Saat ini mencari penghasilan tambahan jauh lebih mudah. Generasi Sandwich bisa memanfaatkan waktu dan pengetahuan untuk mengerjakan job sehingga mendapat bayaran. Banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan secara online dari mana saja tanpa mengganggu pekerjaan utama. 

Cara Mengelola Keuangan Generasi Sandwich yang Benar

Kemampuan mengelola keuangan harus dikuasai oleh semua orang, termasuk Generasi Sandwich. Dengan mengelolanya secara bijak, Generasi ini bisa mengetahui mana yang harus diprioritaskan. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

Miliki surplus arus kas minimal 10% dari pemasukan

Berapapun jumlah pendapatan, selama bisa mengelola dengan baik, bisa memiliki surplus sebanyak 10%, bahkan lebih. Caranya dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu dan mengganti konsumsi beberapa produk dengan jenis dan kualitas sama namun harganya lebih murah. Dana surplus bisa digunakan untuk berbagai hal, termasuk membeli reksadana pasar uang

Pastikan mempunyai proteksi

Salah satu penyebab keuangan berantakan adalah karena tidak mempunyai proteksi. Ketika sakit dan membutuhkan biaya, maka dana yang seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan lain terpaksa digunakan. Dengan memiliki proteksi asuransi, bisa menjadikan keuangan tetap aman meski Generasi Sandwich dan keluarganya sakit, karena biaya berobat ditanggung asuransi. 

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah dana yang hanya bisa digunakan dalam keadaan terpaksa atau mendesak. Besarnya untuk masing-masing keluarga berbeda. idealnya jumlahnya sekitar 6 sampai 12 kali dari pengeluaran bulanan. 

Siapkan tabungan pensiun

Tidak selamanya Generasi Sandwich akan bisa produktif dan menghasilkan uang. Karena itu perlu memikirkan pemenuhan kebutuhan pada saat memasuki pensiun. Caranya dengan memiliki produk dana pensiun yang menguntungkan. Dana tersebut dapat disimpan dalam bentuk tabungan atau produk investasi seperti reksadana pasar uang. 

Beli produk investasi

Produk investasi merupakan instrumen keuangan yang bukan hanya bermanfaat untuk menyimpan aset, tetapi juga mengembangkannya. Dengan membeli produk investasi berarti sudah mengatur dan menyiapkan masa depan keuangan secara baik. Salah satu produk investasi yang sampai saat ini cuan dan pantas dipertimbangkan adalah reksadana pasar uang

digibank by DBS Membantu Kelola Keuangan Generasi Sandwich

digibank by DBS Membantu Kelola Keuangan Generasi Sandwich

Reksadana pasar uang merupakan produk investasi yang terpercaya dan terbukti banyak memberikan keuntungan bagi investor. Namun agar dapat memperoleh profit maksimal harus memilih pengelola terpercaya seperti Aplikasi digibank by DBS yang menyediakan beragam fitur investasi. Generasi Sandwich bisa memilihnya agar terbebas dari himpitan beban. 

Keuntungan reksadana pasar uang sebagai investasi terbaik adalah bisa dimiliki oleh investor profesional maupun pemula. Investor bisa tetap mendapatkan profit meski tidak secara langsung mengelola investasinya, apalagi jika berinvestasi di digibank yang mempunyai bermacam keunggulan seperti: 

  • Pilihan lebih dari 50 produk investasi reksadana
  • Memiliki 3 fitur kategori yang memudahkan investor dalam menemukan instrumen pilihan, yaitu: kinerja terbaik, produk paling populer serta scoring terbaik
  • Mulai investasi  Rp100.000 
  • Pembelian produk secara berkala dan fleksibel dengan fitur autodebet
  • Daftar SID (Single Investor Identification), jual beli dan switch produk, semua bisa dilakukan hanya dalam satu Aplikasi digibank by DBS

Bagi Generasi Sandwich yang ingin terbebas dari himpitan beban hidup, memilih reksadana pasar uang merupakan keputusan terbaik. Tertarik berinvestasi pada instrumen ini? Dapatkan informasi lebih detail dengan klik di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana

Related posts

Leave a Comment